alexametrics

Cukupi Gizi Anak dengan Prebiotik dan Probiotik

loading...
Cukupi Gizi Anak dengan Prebiotik dan Probiotik
Imunitas anak perlu didukung dengan pemberian nutrisi tepat. Foto Ilustrasi/iStock
A+ A-
JAKARTA - Di masa yang penuh tantangan kesehatan seperti sekarang, daya tahan tubuh mutlak diperlukan untuk mencegah terinfeksi virus corona. Bicara soal daya tahan, maka tidak bisa dipisahkan dari asupan nutrisi yang sehat. Lantas, nutrisi apa saja yang dibutuhkan tubuh guna mendukung daya tahan?

Menjawab pertanyaan tersebut, dokter spesialis anak dan konsultan gastroenterology DR. dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K) menjelaskan bahwa asupan makanan yang baik untuk menyokong daya tahan tubuh ialah yang mengandung prebiotik dan probiotik.

“Asupan prebiotik dan probiotik dalam jumlah yang cukup maka komposisi serta keseimbangan mikrobiota dalam saluran pencernaan juga akan baik,” katanya dalam Virtual Gathering: Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal Bersama Nutriclub, belum lama ini. (Baca Juga: Agar Tetap Sehat saat Makan Domba Panggang, Yuk Ikuti Tips Berikut Ini)

Prebiotik adalah makanan (umumnya tinggi serat) yang berguna sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. Sedangkan probiotik merupakan bakteri baik yang ada di usus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan dengan kandungan prebiotik pada dasarnya bisa ditemukan dalam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan dengan kandungan serat yang tinggi seperti apel, pisang, daun bawang, gandum, serta kacang kedelai.



Adapun sumber makanan probiotik adalah makanan yang difermentasi seperti tempe, tahu, kimchi, dan yogurt.

Dikatakan dr. Ariani, baik prebiotik maupun probiotik penting untuk pembentukan mikrobiota di dalam usus. Mikrobiota merupakan bakteri baik yang menempati dinding usus. Bakteri baik ini dapat membantu tubuh dalam mencerna makanan dan menghasilkan vitamin seperti vitamin K dan B12.



Prebiotik diketahui juga mampu merangsang perkembangan bakteri baik bifidobacteria.

Dr. Ariani menekankan pentingnya memiliki saluran cerna yang sehat. Sebab tubuh tidak dapat menyerap nutrisi apapun kalau terdapat gangguan pada sistem pencernaan. Alhasil, makanan bergizi sekalipun tidak dapat mendukung tubuh dan diserap optimal jika ada masalah pada saluran cerna.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak