Ini Hubungan Kehamilan dengan Diabetes

Kamis, 04 Mei 2017 - 22:30 WIB
Ini Hubungan Kehamilan dengan Diabetes
Ini Hubungan Kehamilan dengan Diabetes
A A A
JAKARTA - Tren penyakit tidak menular seperti diabetes mellitus terus meningkat. Parahnya, penyakit ini tidak memandang usia dan jenis kelamin. Ibu hamil pun bisa menderita penyakit mematikan ini.

Lantas apa hubungannya diabetes dengan kehamilan?

Pakar diabetes, Prof. Dr. dr. Agung Pranoto, MSc menjelaskan, pertama ibu hamil dengan diabetes umumnya disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah kehamilan tersebut yang menjadi faktor risiko dari penyakit diabetes.

"Hamil, bisa menyebabkan diabetes, biasanya muncul ketika kandungan memasuki usia 24 minggu," papar Prof Agung Pranoto di Jakarta.

Kedua, diabetes bisa mengganggu kelancaran proses kehamilan. Oleh karena itu Prof Agung pun menyarankan para ibu hamil dengan diabetes untuk berhati-hati. Di mana ibu hamil harus tetap menjaga pola hidup sehat dan menjaga kandungannya.

"Jika sudah terdeteksi, maka perawatan intensif harus dilakukan sesegera mungkin. Tapi jika tidak ditangani dengan benar, risiko besar bisa mengancam. Mulai dari bayi obesitas, atau giant baby dan risiko diabetes yang bisa menurun pada sang anak," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4083 seconds (0.1#10.140)