7 Penyakit Komplikasi Jika Diabetes Tidak Segera Diobati, Cegah sebelum Terlambat

Rabu, 13 September 2023 - 15:17 WIB
loading...
7 Penyakit Komplikasi Jika Diabetes Tidak Segera Diobati, Cegah sebelum Terlambat
Sejumlah penyakit komplikasi bisa muncul jika diabetes tidak segera diobati. Salah satunya gangguan penglihatan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah penyakit komplikasi yang bisa muncul jika diabetes tidak segera diobati. Salah satunya menyerang mata dan membuat gangguan penglihatan.

Diabetes menjadi salah satu gangguan kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh. Apabila terus dibiarkan tanpa penanganan serius, diabetes bisa memunculkan penyakit komplikasi yang memengaruhi berbagai organ tubuh.



Lebih jauh, berikut beberapa penyakit komplikasi yang dapat timbul jika diabetes tidak segera diobati.

Penyakit Komplikasi Jika Diabetes Tak Segera Diobati


1. Penyakit Jantung


Penyakit jantung menjadi salah satu komplikasi diabetes yang paling umum. Mengutip laman VerywellHealth, Rabu (13/9/2023), pengidap diabetes memiliki risiko dua kali lebih besar terkena penyakit jantung daripada orang biasa.

Penyakit jantung bisa terjadi ketika ada penumpukan plak endapan kolesterol di pembuluh darah. Plak tersebut menyumbat pasokan oksigen dan darah menuju jantung.



Akibatnya, pembuluh darah bisa menyempit dan menurunkan aliran darah menuju jantung dan otak. Hal inilah yang nantinya dapat menyebabkan seseorang terkena serangan jantung hingga stroke.

2. Kerusakan Saraf


Jika terus dibiarkan tanpa penanganan serius, diabetes bisa menyebabkan kerusakan saraf atau neuropati. Mengutip WebMD, kondisi ini dapat menimbulkan gejala seperti mati rasa hingga nyeri pada sejumlah bagian tubuh.

Ketika mendapati keadaan seperti demikian, Anda perlu segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan. Nantinya, mereka akan memberikan penanganan serta penjelasan yang lebih detail terkait kondisi tubuh Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2294 seconds (0.1#10.140)