5 Cara Perawatan Kulit di Usia Senja, Tetap Sehat dan Awet Muda

Sabtu, 16 September 2023 - 19:33 WIB
loading...
5 Cara Perawatan Kulit di Usia Senja, Tetap Sehat dan Awet Muda
Banyak permasalahan kulit yang dihadapi saat seseorang memasuki usia senja. Hal itu dipengaruhi oleh perubahan hormon, genetik dan lingkungan. Foto/freepik.
A A A
JAKARTA - Banyak permasalahan kulit yang dihadapi saat seseorang memasuki usia senja, dari kering, kusam, muncul flek hitam hingga kerutan. Hal itu dipengaruhi oleh perubahan hormon, genetik dan lingkungan.

Director Worldwide Nutrition Education and Training at Herbalife Laura Chacon-Garbato mengatakan masalah kulit yang dihadapi oleh wanita berusia di atas 60 tahun adalah penurunan kolagen dan elastin.

Kolagen dan elastin adalah protein yang memberikan elastisitas dan struktur pada kulit. Akibat penuaan, kulit menghasilkan lebih sedikit kolagen dan elastin yang mengakibatkan munculnya keriput dan kulit yang kendur.



“Selain itu, produksi minyak kulit juga berkurang, menyebabkan kulit menjadi kering, bercak usia, dan hiperpigmentasi menjadi lebih terlihat,” ujar Laura dalam keterangan resminya seperti dikutip pada Sabtu (16/9/2023).

Tak hanya itu, tingkat pergantian sel juga berkurang, hal itu menyebabkan kulit sering terlihat kasar atau kusam.

Untuk itu, ada Laura membagikan tips sederhana untuk wanita yang berusia di atas 60 tahun agar kulitnya tetap sehat, terawat, dan terlihat awet muda. Berikut rangkumannya.

Perawatan Kulit di Usia Senja

1. Gunakan serum yang mengandung antioksidan

Penggunaan serum masih perlu dilakukan untuk menutrisi kulit. Untuk kamu yang berusia 60an, sebaiknya pilih serum yang mengandung antioksidan seperti vitamin B3, C, dan E.

Vitamin C dan E membantu menetralkan efek oksidatif radikal bebas, molekul yang merusak kolagen dan menyebabkan kekeringan dan keriput kulit. Vitamin antioksidan C dan E serta beta-karoten menetralkan radikal bebas.

5 Cara Perawatan Kulit di Usia Senja, Tetap Sehat dan Awet Muda

2. Gunakan pelembap SPF

Kulit yang mengalami penuaan biasanya menjadi lebih tipis dan rentan terhadap paparan sinar UV matahari. Untuk itu kamu disarankan untuk menggunakan pelembap yang mengandung SPF spektrum.

Kandungan tersebut membantu melindungi kulit dari paparan UV biasa, UVA dan UVB. Dengan begitu kulit menjadi lebih lembap, sehat, dan terhindar dari masalah kulit seperti kerusakan kolagen yang cepat, keriput, dan hiperpigmentasi.

3. Gunakan air hangat saat membersihkan kulit

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan air hangat saat membersihkan air hangat. Cara ini dapat membantu kulit merasa lebih rileks.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3029 seconds (0.1#10.140)