Benarkah Merendam Kaki dalam Air Panas Bisa Mengobati Migrain?

Selasa, 19 September 2023 - 20:20 WIB
loading...
Benarkah Merendam Kaki dalam Air Panas Bisa Mengobati Migrain?
Merendam kaki dalam air panas dipercaya bisa mengobati migrain. Ini merupakan kondisi sakit kepala berdenyut-denyut, kepekaan terhadap cahaya dan suara. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Merendam kaki dalam air panas dipercaya bisa mengobati migrain . Ini merupakan kondisi sakit kepala berdenyut-denyut, kepekaan terhadap cahaya dan suara, rasa mual yang tiada henti sehingga membuat penderitanya membutuhkan pertolongan.

Migrain merupakan masalah umum yang mempengaruhi banyak orang. Sakit kepala ini ditandai dengan episode nyeri berdenyut sedang hingga parah yang berulang di satu sisi otak.

National Institute of Neurological Disorders and Stroke menyatakan mual, penglihatan kabur, kelelahan, perubahan suasana hati, peningkatan kepekaan terhadap cahaya, suara, atau kebisingan, dan kebingungan adalah gejala umum migrain.

Selama bertahun-tahun, banyak orang telah mencoba pengobatan tradisional untuk menghilangkan rasa sakit yang berdenyut-denyut. Beberapa di antaranya menggunakan kompres es untuk meredakan rasa sakit akibat migrain.



Dilansir dari The Health Shots, Rabu (20/9/2023) merendam kaki dalam air panas adalah pengobatan tradisional lain untuk migrain yang dicoba banyak orang. Cara ini memiliki banyak manfaat bagi penderita migrain.

Menurut para ahli, nyeri migrain disebabkan oleh gelombang aktivitas sekelompok sel otak. Ini memicu neurotransmiter tertentu, seperti serotonin, yang menyebabkan arteri darah menyempit, sehingga memicu nyeri berdenyut di satu sisi kepala.

Sementara merendam kaki dalam air panas menyebabkan pembuluh darah di kaki melebar sehingga mengeluarkan darah dari kepala. Ini mengurangi tekanan pada pembuluh darah, menyebabkan migrain dan mengurangi rasa sakit.

Merendam kaki dalam air panas telah lama digunakan untuk membuat tubuh lebih santai. Namun hal ini lebih dari sekadar membantu Anda santai, tetapi juga dapat membantu meredakan migrain.



Kabar baiknya, merendam kaki dalam air panas tidak memiliki efek samping. Pengobatan migrain ini pun telah direkomendasikan oleh dokter.

Jika migrain mengganggu dan Anda sedang mencari cara untuk meredakan nyeri, merendam kaki dalam air panas dapat membantu.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3005 seconds (0.1#10.140)