Amankah Mengonsumsi Teh Campur Susu Setiap Hari? Simak Penjelasannya

Rabu, 20 September 2023 - 12:08 WIB
loading...
Amankah Mengonsumsi Teh Campur Susu Setiap Hari? Simak Penjelasannya
Teh campur susu menjadi minuman kekinian yang biasanya ditambah pelengkap lain seperti boba. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Teh campur susu menjadi salah satu minuman yang banyak disukai masyarakat, khususnya anak-anak muda. Tak hanya karena statusnya kekinian, namun juga rasanya yang jauh lebih nikmat.

Pada perkembangannya, sajian teh campur susu ini telah banyak ditemui dalam berbagai sebutan. Di antaranya seperti milk tea, thai tea, teh tarik, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, beberapa penjual juga turut menambahkan pelengkap lain atau topping dalam sajiannya. Sebut saja seperti boba, cincau, dan lainnya. Bersama tambahan tersebut, tentunya cita rasa dari minuman teh campur susu akan lebih nikmat.



Terlepas dari rasanya yang disebut sangat nikmat, apakah boleh mengonsumsi teh campur susu setiap hari? Simak penjelasannya berikut ini.

Amankah Konsumsi Teh Campur Susu Setiap Hari?


Secara terpisah, teh dan susu memiliki masing-masing manfaat ketika dikonsumsi. Namun, apa yang terjadi ketika dua jenis minuman tersebut dicampurkan menjadi satu?

Terkait efek konsumsi teh dan susu secara bersamaan, terdapat beberapa penelitian yang menghasilkan kesimpulan berlawanan. Mengutip Healthline, Rabu (20/9/2023), memang ada anggapan bahwa protein pada susu bisa merusak senyawa pada teh.

Di satu sisi, ada sejumlah penelitian yang menunjukan bahwa protein dalam susu bisa mengganggu penyerapan dan aktivitas antioksidan senyawa teh. Namun, penelitian lain juga menemukan hasil konsumsi teh dan susu bersamaan tidak menghambat manfaatnya masing-masing.



Tak sampai disitu saja, penelitian lain mengungkap susu berpotensi mengganggu aktivitas antioksidan pada teh sampai batas tertentu. Nah, efek ini bisa hilang ketika Anda menyeduh teh dalam jangka yang lebih lama.

Terlepas dari berbagai penelitian yang masih berlawan di atas, pencinta minuman teh susu wajib waspada terhadap kandungan gulanya. Seperti diketahui, olahan seperti milk tea memiliki rasa yang sangat manis dengan tambahan gula dan pemanis lain.

Sejalan dengan hal tersebut, konsumsi berlebih pada minuman manis seperti milk tea ini dapat berpotensi memunculkan masalah kenaikan berat badan hingga diabetes. Maka dari itu, perlu diperhatikan waktu konsumsi minuman ini agar tidak sampai berlebihan.

Jadi, dapat dipahami bahwa belum ada penelitian menerangkan secara pasti perihal manfaat maupun bahaya konsumsi teh campur susu. Masing-masing memiliki penjelasannya sendiri.

Hanya saja, akan lebih aman jika konsumsi teh campur susu ini jangan terlalu sering. Alasannya tentu karena kandungan gulanya yang tinggi.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2525 seconds (0.1#10.140)