5 Makanan Ini Mampu Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari, Salah Satunya Semangka

Kamis, 21 September 2023 - 16:01 WIB
loading...
5 Makanan Ini Mampu Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari, Salah Satunya Semangka
Sinar matahari memiliki banyak manfaat. Namun, jika berlebih, bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Foto/ sundayobserver.
A A A
JAKARTA - Sinar matahari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti merangsang pembentukan vitamin D, menjaga kesehatan mental dan pengobatan lupus vulgaris. Namun, papar sinar matahari berlebih bisa menyebabkan kerusakan pada kulit .

Salah satu cara mengatasinya dengan asupan makanan yang bantu melindungi kulit dari sinar matahari.

Berikut ini makanan yang bantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dikutip dari Healthline, Kamis (21/9/2023).


Makanan Terbaik untuk Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kandungan ini diketahui dapat melindungi dari kerutan serta kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu sayuran hijau juga bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker kulit.

2. Semangka

Semangka mengandung banyak likopen. Likopen menyerap radiasi UVA dan UVB. Setelah beberapa minggu mengonsumsi semangka yang berair setiap hari, likopen pada akhirnya bertindak sebagai tabir surya alami.

Namun, para peneliti mencatat bahwa hal ini tidak serta merta melindungi kulit dari bintik hitam serta kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Untuk itu, walaupun telah mengonsumsi banyak semangka, jangan lupa untuk tetap menggunakan produk sunscreen dengan kandungan SPF serta pakaian yang melindungi kulit tubuh.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang kenari, biji rami, biji chia, rami, ikan, dan telur semuanya mengandung asam lemak esensial omega-3. Kandungan omega-3 ini membantu jaga integritas kulit dan juga anti-inflamasi. Omega-3 juga membantu menyehatkan tubuh secara alami mengatasi efek terlalu banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.

4. Kembang kol

Terkait sayuran dan buah-buahan, aturan kesehatan umum yang harus dipatuhi dan dipatuhi adalah memilih makanan yang berwarna lebih cerah. Sebab, sayuran dengan warna cerah cenderung memiliki lebih banyak antioksidan. Salah satu contoh sayuran berwarna cerah yang harus dikonsumsi yakni kembang kol.

Sebab, selain kaya antioksidan, kembang kol juga merupakan makanan pelindung sinar matahari alami berkat histidin. Asam alfa-amino ini merangsang produksi asam urokanat yang menyerap radiasi UV.


5. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan. Kandungan ini berguna untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit akibat paparan sinar matahari dan stres. Blueberry juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk membantu mencegah kerutan akibat seharian berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)