5 Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Maraknya ISPA, Pakai Masker hingga Istirahat yang Cukup

Kamis, 21 September 2023 - 13:57 WIB
loading...
5 Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Maraknya ISPA, Pakai Masker hingga Istirahat yang Cukup
Tips menjaga kesehatan dari penyakit ISPA penting diketahui. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Beberapa tips menjaga kesehatan dari penyakit ISPA penting diketahui setiap orang. Sebab, ISPA menjadi salah satu penyakit yang mengancam kesehatan manusia terutama anak-anak.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan bagian atas dan bawah. Gejala umum dari ISPA meliputi demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan sesak napas.

Pencegahan ISPA dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Adapun tips untuk menghindari penyakit ini adalah sebagai berikut.

5 Tips Menjaga Kesehatan dari Penyakit ISPA


1. Rajin Mencuci Tangan


Rajin mencuci tangan merupakan salah satu tips yang efektif untuk menghindari penyakit ISPA. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat membantu menghilangkan kuman dan virus yang menempel pada tangan.



Langkah ini penting dalam mencegah penyebaran penyakit, termasuk ISPA. Pastikan untuk mencuci tangan selama setidaknya 20 detik untuk memastikan semua kuman dan bakteri terbuang.

2. Menggunakan Masker


Masker berfungsi sebagai benteng pertama dalam melindungi kita dari berbagai partikel berbahaya yang mengambang di udara. Dalam situasi ramai atau saat berjalan di jalan berdebu, memakai masker dapat memberikan perlindungan ekstra.



Pilih masker dengan bahan minimal 3 lapis. Masker dengan lapisan yang lebih tebal dapat membantu menyaring partikel-partikel kecil yang mungkin mengandung virus atau bakteri penyebab ISPA.

3. Menghindari Asap Rokok


Menghindari asap rokok dari perokok aktif adalah langkah yang bijak untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit ISPA. Dikutip dari laman Yankes Kemenkes, asap rokok mengandung berbagai zat berbahaya yang dapat merusak paru-paru dan sistem pernapasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)