7 Daun Penurun Panas pada Bayi, Manjur dan Efektif

Kamis, 28 September 2023 - 05:50 WIB
loading...
A A A
Masyarakat Indonesia telah lama menggunakan daun dadap serep untuk mengatasi demam. Khasiat daun ini didapat dari sifat antipiretik yang dikandungnya.

Daun ini mengandung senyawa saponin, flavonoida, polifenol, tanin, dan alkaloida. Daun dadap serep juga mengandung etanol sehingga memberi efek mendinginkan pada anak yang sedang demam. Cara menggunakannya adalah dengan diborehkan atau ditempel di kening bayi.

5. Daun Sage

7 Daun Penurun Panas pada Bayi, Manjur dan Efektif

Foto/Shutterstock

Daun sage adalah tanaman herbal aromatik yang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penurun demam. Daun sage mengandung senyawa safficionolide yang dapat memerangi infeksi virus penyebab demam. Untuk membantu menurunkan suhu tubuh, minumlah satu gelas ramuan daun sage hingga suhu tubuh kembali normal.

6. Daun Jarak

7 Daun Penurun Panas pada Bayi, Manjur dan Efektif

Foto/iStock

Daun jarak juga dipercaya mampu menurunkan demam pada anak.

Cara penggunaannya, siapkan 2-3 helai daun jarak yang sudah dicuci bersih, kemudian oleskan dengan minyak kayu putih. Letakkan daun tersebut di bagian perut dan punggung bayi yang telah dipanaskan terlebih dulu selama 2 menit atau hingga panasnya merata di seluruh permukaan daun.

7. Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung senyawa acetogenin dan alkaloid yang dapat membantu menurunkan demam pada bayi.

Cara menggunakannya, ambil beberapa lembar daun sirsak segar dan cuci bersih. Setelah itu rebus daun sirsak dalam air secukupnya hingga air berwarna hijau kecokelatan. Usai direbus, dinginkan air tersebut sebelum digunakan untuk mengompres kening, dahi, dan leher bayi.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)