7 Daun Penurun Panas pada Bayi, Manjur dan Efektif

Kamis, 28 September 2023 - 05:50 WIB
loading...
7 Daun Penurun Panas pada Bayi, Manjur dan Efektif
Daun penurun panas pada bayi ternyata cukup banyak ragamnya. Antara lain daun kembang sepatu. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Daun penurun panas pada bayi ternyata cukup banyak ragamnya. Ya, Anda tak perlu obat kimiawi sebenarnya. Cukup gunakan saja tanaman herbal untuk menurunkan demam si kecil.

Sebelum membahas daun apa saja yang bisa menurunkan panas bayi, perlu diketahui dulu berapa temperatur tubuh normal untuk mereka.

Melansir laman Medical News Today, suhu normal tubuh bayi biasanya sekitar 37 derajat celsius. Bayi dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celsius/lebih saat diukur menggunakan termometer rektal yang dimasukkan ke anus, atau 37,4 derajat celsius/lebih bila diukur pada area lain seperti telinga dan dahi.



Bayi memang sering kali mengalami demam, semisal sehabis imunisasi. Hal itu wajar, namun akan berbahaya bisa suhu tubuhnya melebihi 40,5 derajat celsius. Tindakan medis lebih lanjut tentu diperlukan untuk kasus ini.

Hanya, jika bayi Anda mengalami demam yang dirasa tidak membahayakan, boleh dicoba menurunkannya menggunakan daun-daunan. Daun apa saja itu? Berikut informasinya, yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/9/2023).

1. Daun Kembang Sepatu

7 Daun Penurun Panas pada Bayi, Manjur dan Efektif

Foto/iStock

Daun kembang sepatu mengandung protein, peroxidase, calcium oksalat, dan lemak. Tanaman ini juga diketahui mengandung banyak mineral asam seperti asam sitrat, asam tartarat, asam malat, dan allo-hidroksisitrat lakton asam yang dipercaya mampu mengatasi sejumlah penyakit, salah satunya demam.

Cara penggunaan daun kembang sepatu adalah, ambil tujuh helai daun, tumbuk atau remas, lalu kompreskan ke dahi bayi. Gunakan ramuan ini 3 kali dalam sehari.

2. Daun Sirih

Daun sirih mengandung senyawa antiseptik dan antiinflamasi yang bisa membantu meredakan demam pada bayi dengan cara dikompres.

Langkah-langkah penggunaannya, ambil beberapa lembar daun sirih segar dan cuci bersih. Setelah itu, rebus daun sirih dalam air secukupnya hingga air berwarna hijau kecokelatan. Dinginkan air rebusan itu terlebih dulu sebelum digunakan untuk mengompres kening, dahi, dan leher bayi.

3. Daun Jeruk Purut

Daun jeruk purut mengandung senyawa flavonoid dan limonene yang dapat membantu menurunkan demam pada bayi.

Cara penggunaannya sama dengan daun sirih. Yakni ambil beberapa lembar daun jeruk purut yang masih segar, lalu cuci bersih. Setelah itu rebus daun jeruk purut dalam air secukupnya hingga air berwarna hijau kecokelatan. Dinginkan air rebusan itu sebelum dipakai untuk mengompres kening, dahi, dan leher bayi.


4. Daun Dadap Serep

7 Daun Penurun Panas pada Bayi, Manjur dan Efektif

Foto/Instagram @mas.ibudh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3858 seconds (0.1#10.140)