Profil Michael Gambon, Pemeran Dumbledore di Harry Potter

Kamis, 28 September 2023 - 20:54 WIB
loading...
Profil Michael Gambon, Pemeran Dumbledore di Harry Potter
Michael Gambon dikenal sebagai pemeran Dumbledore dalam sejumlah film Harry Potter. Dia lahir di Cabra, Dublin dan hijrah ke London saat masih kecil. Foto/CNN
A A A
JAKARTA - Michael Gambon dikenal sebagai pemeran Dumbledore dalam sejumlah film Harry Potter. Dia lahir di Cabra, Dublin dan hijrah ke London saat masih kecil.

Michael Gambon dibesarkan di tengah komunitas imigran Irlandia di Camden. Pekerjaan pertamanya adalah membuat perkakas dapur. Micahel Gambon lalu mengembangkan minatnya terhadap senjata antik, jam, dan mobil klasik.

Di sela-sela kesibukannya membuat perkakas, Michael Michael Gambon juga mempelajari seni peran di Royal Academy of Drama Art. Dia membuat debut panggung profesionalnya dalam produksi teater Dublin's the Gate "Othello" (1962).

Penampilan Michael Gambon menarik perhatian aktor Laurence Olivier. Dia mengajak Michael Gambon untuk bergabung dengan perusahan teater nasional yang baru dirintisnya. Dari sinilah karier di dunia theater dan film Michael Gambon mulai meranjak naik.



Pada 1990, dia mendapatkan kehormatan untuk menjadi Komandan Ordo dari Kerajaan Inggris. Delapan tahun kemudian dia diangkat lagi menjadi Knight Bachelor berkat jasanya di bidang film dan drama.

Peran Michael Gambon sebagai Dumbledore di film Harry Potter sendiri dimulai pada 2002. Dia saat itu menggantikan Richard Harris yang meninggal dunia. Dia memerankan Dumbledore selama enam tahun dari total delapan film Harry Potter.

Dilansir dari CNN, Kamis (28/9/2023) Michael Gambon meninggal dunia pada usia 82 tahun. Dia mengembuskan napas terakhirnya setelah berjuang melawan penyakit pneumonia.

Clair Dobbs selaku perwakilan Michael Gambon mengatakan bahwa aktor itu meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit. Pada saat-saat terakhirnya, dia ditemani sang istri, Lady Gambon atau Anne dan putranya, Fergus.



"Kami sangat terpukul mengumumkan meninggalnya Sir Michael Gambon. Suami dan ayah tercinta, Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istrinya Anne dan putranya Fergus di samping tempat tidurnya, setelah menderita pneumonia. Michael berusia 82 tahun," kata Clair Dobbs.

"Kami meminta Anda menghormati privasi kami di saat yang sulit ini dan terima kasih atas pesan dukungan dan cinta Anda," pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)