8 Sayuran Paling Menyehatkan, Kale Ampuh Menurunkan Kolesterol

Sabtu, 30 September 2023 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Kale menyediakan sekitar 7 kalori per cangkir daun mentah dan vitamin A, C, dan K dalam jumlah yang baik. Kale bermanfaat bagi penderita kolesterol tinggi. Sebuah penelitian kecil pada 2008 melaporkan bahwa pria dengan kolesterol tinggi yang meminum 150 mililiter jus kale setiap hari selama 12 minggu.

Hasilnya, mengalami penurunan kolesterol jahat sebesar 10 persen. Penelitian ini juga menemukan bahwa jus kale bisa menaikkan kolesterol baik sebesar 27 persen. Sementara itu, penelitian pada 2015 menunjukkan bahwa jus kale dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah.

Orang-orang menggunakan kale dalam hidangan pasta, salad, dan sandwich. Seseorang juga dapat menikmati keripik atau jus kale.

3. Brokoli

8 Sayuran Paling Menyehatkan, Kale Ampuh Menurunkan Kolesterol

Foto/Getty Images

Brokoli adalah sayuran yang sangat menyehatkan. Brokoli cincang dan rebus mengandung sekitar 31 kalori, memenuhi kebutuhan harian vitamin K, dua kali jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari.

Menurut National Cancer Institute, penelitian pada hewan menemukan bahwa bahan kimia tertentu, yang disebut indoles dan isothiocyanates, dalam sayuran dapat menghambat perkembangan kanker di beberapa organ. Termasuk kandung kemih, payudara, hati, dan perut.

Senyawa ini dapat melindungi sel dari kerusakan DNA, menonaktifkan agen penyebab kanker, dan memiliki efek antiinflamasi. Brokoli bisa dinikmati dengan memanggangnya, mengukusnya, mencampurkannya ke dalam sup, atau menikmatinya hangat dalam salad.

4. Bit

8 Sayuran Paling Menyehatkan, Kale Ampuh Menurunkan Kolesterol

Foto/Getty Images

Bit mentah mengandung 58,5 kalori, 442 mg potasium, 148 mikrogram folat. Bit dan jus bit sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung, karena sayuran ini kaya akan nitrat yang menyehatkan jantung.

Sebuah studi kecil pada 2012 melaporkan bahwa minum 500 g jus bit secara signifikan menurunkan tekanan darah pada orang sehat. Sayuran ini juga bermanfaat bagi penderita diabetes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)