Perlu Tahu, Ini Deretan Fakta Unik dari Buah Durian

Jum'at, 29 September 2023 - 13:29 WIB
loading...
A A A
Tetapi dari 30 jenis yang sering ditemui, hanya 11 jenis yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Bukan berarti berbahaya atau beracun, jenis duriannya yang tak bisa dimakan ini memiliki biji yang sangat besar dengan daging buah yang tipis sehingga menyulitkan untuk dikonsumsi.

Ada Jenis Durian Tanpa Duri

Beberapa jenis durian ada yang mengalami mutasi genetik. Hasilnya, ada jenis-jenis tertentu ini secara alami tidak memiliki duri seperti durian pada umumnya.

Durian tanpa duri ini termasuk salah satu jenis durian langka dan jika dijual harganya bisa begitu tinggi. Daging dan rasa durian tanpa duri ini tidak jauh berbeda, hanya saja warnanya sedikit lebih pucat.

Durian Berdaging Merah

Biasanya, bagian daging durian berwarna oranye atau kuning hingga kuning pucat. Tapi di Malaysia, ditemukan jenis durian yang berdaging merah. Durian ini termasuk salah satu durian langka yang hanya ditemukan di Timur Malaysia.

Durian berdaging merah cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan durian pada umumnya. Rasanya serupa dengan durian umumnya. Sayangnya, buah ini akan sulit ditemukan di daerah lain karena distribusinya dipusatkan hanya untuk di Malaysia saja.

Bijinya Bisa Dimakan

Meski keras, biji durian bisa dikonsumsi. Faktanya, biji durian bisa direbus dan diolah sebagai camilan lezat.

Biji durian yang mentah tak bisa dikonsumsi karena mengandung asam lemak cyclopropene yang dapat menyebabkan kanker dan membahayakan tubuh. Ketika sudah dipanggang atau digoreng hingga kering, biji durian ini dapat disajikan sebagai keripik yang lezat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2513 seconds (0.1#10.140)