5 Kebiasaan setelah Makan yang Bikin Berat Badan Naik, Jangan Disepelekan

Jum'at, 29 September 2023 - 23:55 WIB
loading...
5 Kebiasaan setelah Makan yang Bikin Berat Badan Naik, Jangan Disepelekan
Beberapa kebiasaan setelah makan bikin berat badan naik. Hal ini penting dihindari, terutama oleh mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa kebiasaan setelah makan bikin berat badan naik . Hal ini penting untuk dihindari, terutama oleh mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Kebiasaan setelah makanan ini dapat berdampak negatif pada pencernaan, kesehatan secara keseluruhan, dan berat badan naik . Kesalahan ini sering dilakukan banyak orang, namun sering tidak disadari.

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan ini dan membuat pilihan yang bijaksana, Anda dapat mendukung pencernaan yang lebih baik, kesehatan secara keseluruhan, dan kesejahteraan. Di mana pada akhirnya dapat menurunkan berat badan.

Kebiasaan setelah Makan yang Bikin Berat Badan Naik



Berikut kebiasaan setelah makan yang bikin berat badan naik dilansir dari Times of India, Jumat (29/9/2023).



1. Melakukan Aktivitas Fisik Berat


Melakukan aktivitas fisik berat segera setelah makan dapat mengganggu proses pencernaan. Ini karena tubuh mengarahkan aliran darah ke otot-otot yang Anda gunakan selama aktivitas fisik tersebut, sehingga mengalihkannya dari organ pencernaan. Pengalihan aliran darah ini berpotensi menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut, kram, dan pencernaan yang lambat.

Untuk meningkatkan pencernaan yang optimal dan menghindari masalah ini, disarankan untuk menunggu setidaknya satu jam setelah makan sebelum melakukan aktivitas fisik yang intens. Selama waktu ini, tubuh dapat fokus mencerna makanan yang Anda konsumsi, memecahnya secara efisien, dan menyerap nutrisi penting.

2. Minum Terlalu Banyak Air


Minum air dalam jumlah berlebihan setelah makan berpotensi menimbulkan efek buruk pada proses pencernaan karena mengencerkan asam lambung, yang berperan penting dalam memecah makanan. Daripada langsung meneguk air dalam jumlah besar setelah makan, pertimbangkan untuk menerapkan pendekatan hidrasi yang lebih hati-hati.

Minum air saat makan dapat membantu tetap terhidrasi tanpa membebani sistem pencernaan. Hal ini memungkinkan tubuh mempertahankan tingkat konsentrasi asam lambung yang sesuai untuk pencernaan yang efektif. Selain itu, disarankan untuk menunggu sekitar 30 menit setelah makan sebelum melanjutkan rutinitas hidrasi rutin. Penundaan singkat ini membuat perut cukup waktu untuk memulai proses pencernaan tanpa gangguan kelebihan air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2343 seconds (0.1#10.140)