Jangan Dibuang! Ini 7 Manfaat Ampas Kopi

Senin, 02 Oktober 2023 - 06:00 WIB
loading...
Jangan Dibuang! Ini 7 Manfaat Ampas Kopi
Ampas kopi ternyata memiliki banyak manfaat. Jadi, ketika Anda menikmati kopi, ada baiknya tidak membuang ampasnya. Salah satunya untuk kecantikan kulit. Foto/ healthline.
A A A
JAKARTA – Ampas kopi ternyata memiliki banyak manfaat. Jadi, ketika Anda menikmati kopi, ada baiknya tidak membuang ampasnya.

Dikutip Healthline pada Minggu (1/10/2023), ampas kopi memiliki kegunaan praktis untuk di rumah dan taman, juga membantu mempercantik kulit.

Berikut manfaat ampas kopi yang dapat Anda gunakan secara maksimal.


Manfaat Ampas Kopi

1. Menetralkan bau

Ampas kopi dapat membantu menyerap dan menghilangkan bau dari lemari es, tas olahraga, atau sepatu bau Anda. Menggunakannya sebagai scrub tangan juga dapat membantu menghilangkan bau bawang merah atau bawang putih.

2. Scrub

Ampas kopi dapat digunakan sebagai pembersih abrasif. Mereka dapat membantu membersihkan dan menghilangkan penumpukan dari wastafel, peralatan masak, pemanggang, dan permukaan lain di sekitar rumah.

3. Mengurangi tampilan selulit

Selulit adalah suatu kondisi yang membuat kulit tampak berlesung pipit dan tidak rata. Ini mempengaruhi 80–90% wanita dewasa. Bubuk kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit dengan memecah timbunan lemak dan meningkatkan aliran darah ke area yang terkena.

4. Pewarna alami

Jika Anda pernah menumpahkan kopi ke baju putih, Anda pasti tahu kalau kopi bisa meninggalkan noda. Dengan membasahi kembali ampas kopi bekas, Anda dapat membuat pewarna alami dan murah yang dapat digunakan untuk mewarnai kapas, rayon, plastik, linen, dan kertas.

5. Pupuk tanaman

Kebanyakan tanah tidak mengandung unsur hara penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman yang optimal. Oleh karena itu, sebagian besar kebun perlu dipupuk untuk memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Ampas kopi bisa menjadi pupuk yang bagus karena mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Mereka juga dapat membantu menarik cacing dan menurunkan konsentrasi logam berat di dalam tanah.

6. Menanam jamur

Jamur hanya tumbuh subur dalam kondisi tertentu dan sangat sulit tumbuh. Sebagai permulaan, mereka tidak tumbuh di tanah kebun biasa, karena memerlukan substrat, atau bahan atau lapisan di bawahnya. Ampas kopi bekas bisa menjadi substrat yang bagus karena mengandung banyak nutrisi yang disukai jamur untuk tumbuh.


7. Merawat lingkaran bawah mata

Kulit di sekitar mata sangat halus dan hanya mengandung sedikit jaringan lemak. Oleh karena itu, ini adalah salah satu tempat pertama di mana Anda mungkin melihat tanda-tanda penuaan. Secara khusus, kafein memiliki sifat anti inflamasi dan merangsang sirkulasi darah di sekitar mata, sehingga dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam dan bengkak.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)