Benarkah Makanan Tinggi Kolesterol Menyebabkan Penyakit Kardiovaskular? Ahli: Hindari Gorengan

Selasa, 03 Oktober 2023 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Uniknya, gula ini sering tersembunyi dan banyak orang yang tidak menyadari ketika mereka konsumsi menu yang tinggi gula. Bahkan di dalam produk kemasan banyak nama gula yang tidak disebut sebagai gula, misalnya dextrose, maltodextrin, molasses.

"Belum lagi dengan kebiasaan makan orang Indonesia yang pada umumnya tinggi karbohidrat, karena apapun karbohidratnya kecuali serat akan dipecah dalam tubuh menjadi glukosa (gula)," katanya .

2. Hindari makanan yang diproses secara berlebihan (ultra processed food)

Batas berlebihan ini memang yang perlu dipahami, masyarakat karena ada perbedaan mendasar antara makanan yang diproses secara wajar, misalnya soto ayam, ikan bakar, daging rendang. Namun berbeda dengan makanan yang diproses secara berlebihan seperti sosis, nugget, crabstick, bakso dan sebagainya.

Ultra processed food ini mempunyai ciri khas bentuknya sudah jauh berbeda dengan bahan baku asalnya, ditambahkan bahan kimia sintetis, dan memiliki rasa yang sangat umami sampai membuat ketagihan.

Dampak dari ultra processed food ini dapat membebani kerja organ liver yang kemudian dapat menganggu metabolisme kolesterol dalam tubuh dan memicu peradangan, salah satunya di jantung dan pembuluh darah.

3. Perhatikan sumber lemak jenuh

Kalau selama ini banyak yang mencap lemak jenuh adalah lemak jahat, faktanya tidak semua lemak jenuh itu berbahaya untuk kesehatan. Lemak jenuh yang berasal dari sumber alami seperti daging merah, virgin coconut oil (VCO), bahkan santan kelapa asli sebenarnya tidak berdampak negatif untuk kesehatan selama dikonsumsi sesuai kebutuhan dan proses pengolahannya benar.

Batasan untuk pasien yang sudah memiliki masalah kardiovaskular memang berbeda dengan orang yang sehat secara metabolik.

"Kalau sudah punya masalah kesehatan lebih baik konsultasikan dulu ke dokter dan ahli gizi bagaimana pengaturan asupan lemak yang baik, karena jenis lemak itu banyak dan lemak juga merupakan salah satu makronutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh," ujarnya.

"Alpukat, kacang-kacangan (nuts), biji-bijian (seeds), atau minyak zaitun bisa menjadi sumber lemak pilihan untuk siapapun yang memang perlu membatasi asupan lemak jenuh," tuturnya.


4. Kurangi atau hindari gorengan

Sekalipun menggunakan minyak yang bebas kolesterol atau bahan yang digoreng bebas kolesterol , bukan berarti itu semua tidak meningkatkan kolesterol LDL dalam darah.

Karena seperti yang sudah disampaikan dokter Hans sebelumnya, kolesterol makanan itu berbeda dengan kolesterol dalam darah. Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan peningkatan LDL adalah peradangan, dan ini kontribusinya sangat besar dari makanan yang digoreng.

Gorengan yang dimaksud di sini adalah deep frying, berbeda dengan metode menumis atau mengoseng (saute / stir fry) dan sebaiknya hindari minyak yang tinggi omega 6 misalnya minyak jagung, minyak kanola, minyak kedelai, dan lainnya.

5. Jangan malas bergerak

Tidak harus melakukan olahraga yang berlebihan meskipun olahraga itu sangat penting. Aktivitas fisik non olahraga pun juga penting untuk diperhatikan terutama bagi orang yang masih belum mampu atau mau berolahraga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)