5 Manfaat Air Rebusan Lengkuas dan Efek Sampingnya

Rabu, 04 Oktober 2023 - 07:32 WIB
loading...
5 Manfaat Air Rebusan Lengkuas dan Efek Sampingnya
Manfaat air rebusan lengkuas untuk kesehatan wajib diketahui. Lengkuas mengandung fitokimia tinggi sehingga menyimpan manfaat yang sayang dilewatkan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Manfaat air rebusan lengkuas untuk kesehatan wajib diketahui. Lengkuas mengandung fitokimia tinggi sehingga membuat rempah-rempah ini menyimpan banyak manfaat untuk tubuh yang sayang dilewatkan.

Lengkuas memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan analgesik yang membantu mengobati banyak penyakit. Lengkuas juga digunakan untuk mengobati diabetes, melawan kanker, melawan penyakit inflamasi, dan meningkatkan kesuburan pria.

Ayurveda dan pengobatan tradisional Tiongkok serta Eropa telah menggunakan berbagai bagian lengkuas untuk mengobati pilek, sakit perut, peradangan, diabetes, maag, mual, diare, eksim, serta berbagai kondisi akut dan kronis.

Manfaat Air Rebusan Lengkuas



Berikut manfaat air rebusan lengkuas untuk kesehatan dilansir dari Style Craze, Rabu (4/10/2023).



1. Antidiabetes


Menurut penelitian pada hewan, ekstrak metanol lengkuas menunjukkan potensi antidiabetes. Bagian udara dari lengkuas dapat merangsang regenerasi sel beta yang mensekresi insulin di pankreas. Pemberian ekstrak lengkuas pada tikus penderita diabetes menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, meningkatkan metabolisme lipid dan mencegah komplikasi diabetes.

Ekstrak lengkuas ditemukan menghambat metabolisme karbohidrat, meminimalkan lonjakan glukosa darah pasca makan. Aktivitas pengendalian glukosa setara dengan obat antidiabetes sintetik. Karena aktivitas antioksidannya, obat herbal ini dapat melindungi hati dan pankreas dari stres oksidatif dan kerusakan.

2. Antiproliferatif


Air rebusan lengkuas dapat menghambat proliferasi garis sel tumor lambung manusia. Lengkuas mengandung dua senyawa sitotoksik yaitu acetoxychavicolacetate dan p-coumaryl alkohol-O-metil eter yang diketahui mampu melawan sel kanker.

3. Mengobati Radang Sendi


Lengkuas mengandung flavonoid, tanin, saponin, glikosida, dan beberapa senyawa fenolik. Fitokimia ini menunjukkan efek antiinflamasi dan analgesik yang kuat pada penelitian pada hewan. Lengkuas menurunkan regulasi ekspresi gen yang menghasilkan senyawa proinflamasi seperti sitokin dan interleukin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3472 seconds (0.1#10.140)