Apa Manfaat Tidur Terlentang Tanpa Bantal?

Minggu, 08 Oktober 2023 - 06:36 WIB
loading...
Apa Manfaat Tidur Terlentang Tanpa Bantal?
Tidur terlentang tanpa bantal ternyata bisa memberikan manfaat pada tubuh kita. Foto Ilustrasi/Sleepinfo
A A A
JAKARTA - Tidur terlentang tanpa bantal ternyata bisa memberikan manfaat pada tubuh kita. Apa saja itu?

Tidur terlentang banyak manfaatnya. Antara lain membantu menjaga tulang belakang dan leher tetap sejajar saat tidur, serta mengurangi nyeri leher dan punggung.

Melansir laman Medical News Today, Sabtu (7/10/2023), salah satu cara agar seseorang tidur dalam posisi terlentang adalah dengan meniadakan bantal sebagai penopang kepala agar otot di leher tidak tegang.



Tidur terlentang tanpa bantal memang terasa aneh, namun ternyata ada manfaatnya lho. Apa saja itu? Berikut informasinya.

1. Mencegah Nyeri Leher

Manfaat pertama tentu saja mencegah nyeri pada leher. Melansir laman Alodokter, tidur terlentang tanpa bantal dapat mengurangi ketegangan otot di leher sehingga mencegah nyeri leher. Manfaat ini khususnya dirasakan oleh orang yang memiliki kebiasaan tidur tengkurap.

2. Mengurangi Sakit Punggung

Tidur tanpa bantal juga dapat mengurangi sakit punggung yang kerap dialami oleh orang dengan kebiasaan tidur tengkurap. Tidur terlentang tanpa bantal akan menjaga posisi leher dan punggung tetap lurus saat tidur, sehingga risiko terjadi nyeri pada punggung bisa berkurang.

3. Mencegah Keriput pada Wajah

Melansir Medical News Today, disebutkan bahwa penelitian telah menunjukkan kalau bantal dapat menekan kulit saat tidur, terutama pada orang yang tidur tengkurap atau menyamping. Seiring waktu, posisi tidur tersebut dapat menyebabkan kerutan dan berkontribusi pada tanda-tanda penuaan yang terlihat.

Maka itu, tidur terlentang tanpa bantal dipercaya dapat mencegah timbulnya keriput pada wajah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3192 seconds (0.1#10.140)