5 Makanan dan Minuman yang Lemahkan Pengobatan, Bikin Sembuh Makin Lama

Minggu, 08 Oktober 2023 - 09:31 WIB
loading...
5 Makanan dan Minuman yang Lemahkan Pengobatan, Bikin Sembuh Makin Lama
Ada beberapa obat yang tidak bekerja dengan baik ketika dikonsumsi bersamaan dengan makanan atau minuman tertentu. Foto/ shutterstock.
A A A
JAKARTA - Anda mungkin tahu bahwa beberapa obat tertentu yang tidak bekerja dengan baik ketika dikonsumsi bersamaan dengan beberapa makanan atau minuman tertentu. Efeknya, pemulihan kesehatan menjadi lambat.

Jadi, penting untuk mempertanyakan kepada dokter atau apoteker untuk mengetahui makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari selama mengkonsumsi obat tersebut.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi pengobatan, dikutip dari berbagai sumbar pada Minggu (8/10/2023).


1. Kopi

Kopi dapat melemahkan obat antipsikotik seperti litium dan clozapine, tetapi meningkatkan efek samping obat lain. Obat-obatan tersebut termasuk aspirin, epinefrin (digunakan untuk mengobati reaksi alergi yang serius), dan albuterol (digunakan melalui inhaler untuk masalah pernapasan). Hal ini juga dapat mempersulit tubuh Anda untuk menyerap dan menggunakan zat besi.

2. Anggur

Anggur mengubah cara dari sel-sel tertentu di usus Anda dalam penyerapan dan memindahkan obat ke seluruh tubuh. Hal ini dapat membuat beberapa obat, seperti fexofenadine (Allegra) untuk alergi, menjadi kurang efektif dan membuat obat lain menjadi terlalu kuat, termasuk obat yang menurunkan kolesterol seperti atorvastatin (Lipitor).

3. Susu

Produk susu dapat mempersulit tubuh Anda dalam memproses antibiotik tertentu. Mineral dalam susu seperti kalsium dan magnesium adalah salah satu penyebabnya, bersama dengan protein kasein.


4. Cokelat

Cokelat, khususnya coklat hitam dapat melemahkan efek obat yang dimaksudkan untuk menenangkan atau membuat Anda tertidur, seperti zolpidem tartrate (Ambien).

Hal ini juga dapat meningkatkan kekuatan beberapa obat stimulan, dan jika Anda mengonsumsi obat-obatan penghambat yang digunakan untuk mengobati depresi, hal itu dapat membuat tekanan darah sangat tinggi.

5. Alkohol

Alkohol dapat membuat obat-obatan tertentu menjadi kurang efektif atau bahkan tidak bekerja, termasuk beberapa obat untuk tekanan darah dan jantung. Hal ini juga dapat membuat obat lainnya menjadi lebih kuat dari yang seharusnya bahkan menyebabkan efek samping yang berbahaya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)