alexa snippet

4 Cara Alami untuk Berhenti Mengorok

4 Cara Alami untuk Berhenti Mengorok
4 Cara Alami untuk Berhenti Mengorok. (Ilustrasi).
A+ A-
JAKARTA - Tidur bersama pasangan yang hobi mendengkur atau ngorok tentunya sangatlah menggangu. Kondisi menjengkelkan ini pun bisa memengaruhi kualitas tidur Anda lantaran tidur menjadi tidak nyenyak.

"Semakin sering mengorok, semakin buruk dampaknya," papar pakar tidur asal New York, Amerika Serikat, Marha Cortes.

Tak jarang akibat waktu dan kualitas tidur yang berkurang, hal ini menyebabkan masalah kesehatan. Di mana kurang tidur bisa mempengaruhi suasana hati, tingkat stres, seksualitas, dan kemampuan untuk menahan nafsu makan.

Tak hanya itu, suara dengkuran yang keras juga bisa merusak hubungan. Nah, untuk berhenti mengorok, Anda bisa melakukan beberapa cara alami ini. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Good Housekeeping.

1. Berat badan ideal
"Seseorang yang memiliki kenaikan berat badan akan menimbulkan kehadiran lemak di saluran napas. Saat tidur hal ini akan menimbulkan bunyi dengkuran," ujar Cortes. Agar berat badan ideal, Anda bisa melakukan olahraga dan diet secara seimbang.

2. Tidur menyamping
"Tidur telentang menyebabkan seseorang mengorok karena arah pangkal lidah menurun sehingga dekat dengan tenggorokan. Ini menyebabkan bunyi dengkuran saat tidur. Namun jika tidur secara miring hal ini tidak akan terjadi," jelasnya.

3. Semprot hidung
"Semprotkan hidung sebelum tidur bisa mencengah terjadinya dengkuran. Hal ini juga bisa bertujuan untuk membersihkan hidung," kata dia.

4. Rajin mengunyah permen karet
"Seiring bertambahnya usia, jaringan yang melapisi tenggorokan menjadi lembek apalagi bila dia mengalami sleep apnea. Agar saluran udara tidak sempit, Anda bisa mengunyah permen karet bebas gula dua kali sehari selama 20 menit. Hal ini berfungsi untuk melatih mulut, lidah, rahang dan otot wajah sehingga potensi mengorok menurun," pungkasnya.
(nfl)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top