Minum Es Paling Nikmat saat Cuaca Panas, Benarkah Bikin Batuk?

Selasa, 10 Oktober 2023 - 16:00 WIB
loading...
Minum Es Paling Nikmat saat Cuaca Panas, Benarkah Bikin Batuk?
Minum es paling nikmat saat cuaca panas. Namun, ada orang beranggapan minum es bisa menyebabkan batuk, benarkah? Foto/ newcastleherld.
A A A
JAKARTA - Minum es memang paling nikmat saat cuaca panas . Namun ada beberapa orang beranggapan bahwa minum es bisa menyebabkan batuk, benarkah?

Digital Content Creator for Health Education dr. Farhan Zubedi menjelaskan bahwa minum es tidak berpengaruh pada batuk. Pasalnya, ketika seseorang menikmati minuman es, maka es yang masuk ke dalam tubuh akan menyesuaikan dengan suhu tubuh.



“Sebenarnya minum es itu faktor risiko. Batuk nggak terjadi kalau nggak ada faktor patogen, seperti infeksi bakteri, virus partikel asing dan debu. Kalau seseorang minum es dan nggak terpapar patogen itu nggak bakal batuk,” ujar dr Farhan saat ditemui dalam acara Launching Imboost Cough, baru-baru ini.

Dokter Farhan mengatakan penyebab batuk sendiri sebenarnya karena daya tahan tubuh yang menurun dan asupan makanan tidak bergizi.

“Penurunan daya tahan tubuh bisa terjadi karena stress, pola hidup tidak sehat, kurang tidur, kurang aktivitas fisik, dan perubahan cuaca seperti polusi dan panas,” ujar dia.

Dokter Farhan pun menyarankan kepada masyarakat agar menjaga daya tahan tubuh dengan menjalani pola hidup seperti olahraga, mengurangi kortisol atau stres dan pola makan gizi seimbang.



“Nggak hanya karbohidrat tapi protein, mineral juga harus dikonsumsi. Lalu kontrol stres dan istirahat yang cukup. Dengan istirahat dapat menggantikan semua sistem yang tadinya udah terpakai dan harus diganti. Kalau mau konsumsi suplemen juga boleh,” ucap dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)