4 Alasan Orang Indonesia Malas Gunakan Kondom

Selasa, 25 Juli 2017 - 01:01 WIB
4 Alasan Orang Indonesia Malas Gunakan Kondom
4 Alasan Orang Indonesia Malas Gunakan Kondom
A A A
JAKARTA - Data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) 2012 menunjukkan 4,7% penduduk pria di Indonesia menggunakan alat kontrasepsi. Dari jumlah tersebut, hanya 2,5% yang menggunakan kondom. Sisanya, 99,3% pria tidak menggunakan alat kontrasepsi.

Berbeda dengan pria, sebanyak 54,3% wanita Indonesia diketahui tidak menggunakan alat kontrasepsi dan sebesar 45,7% perempuan memilih menggunakan alat kontrasepsi.

Sejumlah penduduk mengaku enggan menggunakan kondom lantaran bisa mengurangi kenikmatan saat berhubungan seks.

"Kondom adalah pilihan terbaik kedua untuk melindungi diri dari penularan penyakit akibat seksual, HIV dan risiko terjadinya kehamilan," kata spesialis andrologi dr Heru H Oentoeng SpAnd melalui keterangan pers yang diterima SINDOnews.

Sementara, Durex Global Sex Survey 2016 mengungkapkan sekitar 30% responden enggan menggunakan kondom karena beberapa alasan, mulai mengurangi kenikmatan, tidak alami, hingga tidak nyaman karena terlalu tebal serta memiliki bau tak sedap.

"Pilihan terbaik agar terhindar dari penyakit menular seksual adalah dengan tidak bergonta ganti pasangan seksual dan setia pada pasangan," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6137 seconds (0.1#10.140)