4 Langkah Pertama Menangani Keselo, Jangan Dipijat

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 14:00 WIB
loading...
4 Langkah Pertama Menangani Keselo, Jangan Dipijat
Ada beberapa langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menangani keseleo. Keseleo cedera pada ligamen yang disebabkan robeknya serat-serat ligamen. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menangani keseleo . Keseleo merupakan kondisi ketika cedera pada ligamen yang disebabkan oleh robeknya serat-serat ligamen. Ligamen bisa robek sebagian, atau bisa robek seluruhnya.

Keseleo pada pergelangan kaki merupakan jenis keseleo yang paling umum terjadi. Keseleo pergelangan tangan, lutut, dan ibu jari juga sering terjadi. Ligamen yang terkilir sering kali membengkak dengan cepat dan terasa nyeri.

Umumnya, semakin besar rasa sakit dan bengkak yang dirasakan, maka semakin parah cederanya. Untuk sebagian besar keseleo ringan, Anda dapat melakukan pertolongan pertama di rumah.

Langkah Pertama Menangani Keselo



Berikut pertolongan pertama yang dapat dilakukan saat mengalami keseleo dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (14/10/2023).



1. Istirahatkan Anggota Tubuh


Dokter menyarankan untuk tidak membebani area cedera selama 48 hingga 72 jam. Sehingga Anda perlu menggunakan kruk atau tongkat bantu jalan. Meskipun terjadi keseleo pergelangan kaki, Anda biasanya masih bisa melatih otot-otot lain untuk meminimalkan dekondisi.

2. Kompres Es Batu


Gunakan kompres dingin untuk membantu membatasi pembengkakan setelah cedera. Cobalah untuk mengompres area tersebut sesegera mungkin setelah keseleo dan terus mengompresnya dengan es selama 15 hingga 20 menit, empat hingga delapan kali sehari selama 48 jam pertama atau hingga bengkak membaik.

Pastikan mengopres es tidak secara berlebihan. Sebab, hal ini bisa menyebabkan kerusakan jaringan.

3. Balut dengan Perban Elastis


Pembungkus atau selongsong kompresif yang terbuat dari bahan elastis atau neoprena adalah cara yang terbaik.

4.Tinggikan


Tinggikan bagian tubuh yang keseleo di atas jantung Anda bila memungkinkan. Hal ini berguna untuk membantu, mencegah atau membatasi pembengkakan. Keseleo sendiri membutuhkan waktu berhari-hari hingga berbulan-bulan untuk pulih. Saat rasa sakit dan bengkak membaik, cobalah untuk menggunakan kembali area yang cedera dengan perlahan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)