Diet Anti Jerawat, Ini 4 Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Makanan

Senin, 16 Oktober 2023 - 08:08 WIB
loading...
Diet Anti Jerawat, Ini 4 Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Makanan
Jerawat menjadi masalah kulit untuk beberapa orang. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Jerawat menjadi masalah kulit untuk beberapa orang, baik perempuan maupun laki-laki. Jerawat dapat muncul akibat berbagai hal. Salah satunya makanan yang kita konsumsi. Untuk itu, penting sekali untuk melakukan diet anti jerawat.

Diet anti jerawat merupakan pola makan dan asupan makanan yang diatur agar jerawat tidak muncul kembali di wajah.

Mengutip laman Pinkvilla, Senin (16/10/2023), berdasarkan tinjauan beberapa penelitian, menjalani pola makan rendah karbohidrat dan nabati dapat membantu mengurangi jerawat. Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah juga membantu mengatasi jerawat.

Lalu, apa saja makanan yang baik dikonsumsi untuk diet anti jerawat? Simak rangkuman informasinya berikut ini.

1. Pilih Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik merupakan suatu sistem penilaian terhadap makanan kaya karbohidrat dan menunjukkan tingkat kenaikan kadar glukosa darah setelah mengonsumsi makanan tertentu. Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah tidak meningkatkan kadar gula darah, sedangkan makanan yang meningkatkan kadar gula darah memiliki indeks glikemik tinggi.

Efek diet rendah glikemik berdampak positif terhadap jerawat, karena menurut sebuah penelitian, makanan rendah indeks glikemik dapat membantu mengendalikan jerawat.

Beberapa makanan dengan indeks glikemik rendah yakni produk gandum utuh, kacang-kacangan, wortel, sayur berdaun hijau, jamur, kelapa, kacang merah, kiwi, jeruk, dan kismis.

2. Makanan Kaya Vitamin

Makanan yang wajib dikonsumsi selanjutnya yakni harus mengandung vitamin. Makanan anti jerawat terbaik antara lain makanan yang kaya vitamin, A, E, dan D. Jika tubuh Anda memiliki kadar vitamin A dan E yang rendah, ada kemungkinan Anda lebih rentan berjerawat.

Vitamin E juga penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Sementara jika kekurangan vitamin D sering membuat seseorang jadi mudah jerawatan. Untuk itu, jangan lupa untuk konsumsi makanan dnegan kandungan vitamin A, E, dan D.

3. Makanan Mengandung Seng

Seng adalah nutrisi penting yang bisa membantu Anda membalikkan gejala jerawat. Dapat digunakan baik secara oral maupun topikal untuk mengatasi jerawat vulgaris. Faktanya, seng dianggap sebagai alternatif yang menjanjikan untuk berbagai perawatan jerawat karena sedikit atau tanpa efek samping.

Beberapa makanan yang mengandung seng adalah kacang-kacangan, telur, ubi, dan cokelat hitam.

4. Konsumsi Makanan yang Tinggi Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang membantu mencegah kerusakan oksidatif pada sel kulit, sehingga membantu Anda menjaga kulit tetap bersih dan halus. Stres oksidatif terjadi ketika terdapat terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh tetapi tidak cukup antioksidan untuk membasminya. Ini dapat menyebabkan hiperpigmentasi, photoaging, dan jerawat.

Pola makan yang diperkaya dengan antioksidan dapat membantu Anda melawan jerawat dan mendapatkan kulit cantik. Makanan yang tinggi antioksidan antara lain bayam, brokoli, alpukat, labu, selada, stroberi, apel, dan masih banyak yang lainnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)