Makan Cokelat Bikin Wajah Berjerawat, Mitos atau Fakta?

Selasa, 05 September 2023 - 18:00 WIB
loading...
Makan Cokelat Bikin Wajah Berjerawat, Mitos atau Fakta?
Cita rasa cokelat yang manis disukai banyak orang dengan segala usia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Tapi, benarkah bikin jerawatan? Foto/ Boldsky.
A A A
JAKARTA –Makan cokelat membuat wajah berjerawat, benarkah demikian? Cita rasa cokelat yang manis disukai banyak orang dengan segala usia, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Namun, cokelat menjadi salah satu makanan yang diperdebatkan sebagian orang. Ini karena cokelat dianggap sebagai makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat .



Dilansir Boldsky pada Selasa (5/9/2023), berikut deretan mitos dan fakta mengenai cokelat dan jerawat .

Mitos Pertama

Banyak orang yang percaya bahwa memakan cokelat dapat menyebabkan jerawat karena cokelat memiliki kandungan gula. Padahal, sejatinya gula akan menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit wajah sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan muncul jerawat. Namun, jumlah gula yang terdapat pada cokelat justru sangat kecil jika dibandingkan dengan makanan dan minuman manis lainnya.

Mitos Kedua

Cokelat dapat menyebabkan jerawat karena adanya kandungan kakaonya. Hal ini dikarenakan bahwa cokelat mengandung cocoa butter, yang merupakan sejenis lemak dan lemak ini akan menyumbat pori. Namun, hal tersebut ternyata tidak benar karena cocoa butter justru sangat mudah diserap oleh kulit dan tidak menyumbat pori-pori.

Fakta cokelat

Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara memakan cokelat dengan jerawat. Alasan utama nya yaitu cokelat tidak mengandung cukup gula dan lemak untuk menyebabkan peningkatan produksi sebum penyebab utama munculnya jerawat . Selain itu, cokelat juga tidak mengandung zat apapun yang diketahui dapat menyebabkan jerawat seperti hormon atau bakteri.

Nyatanya, memakan cokelat justru dapat mengurangi jerawat. Cokelat hitam yang dikemas dengan antioksidan dapat melawan peradangan, penyebab umum jerawat. Mentega cacao dalam cokelat juga memiliki sifat yang dapat melembabkan kulit dan menjaga kulit agar tetap terhidrasi.



Kesimpulannya, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa memakan cokelat dapat menyebabkan jerawat. Namun, jika memiliki kulit cenderung berjerawat, sebaiknya hindari memakan cokelat terlalu banyak. Karena dapat meningkatkan asupan gula dan lemak. Namun, jika kalian tetap ingin memakan cokelat, kalian bisa memilih dark cokelat sebagai alternatif karena memiliki sedikit gula, lebih sedikit kalori, dan kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada cokelat susu.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)