7 Efek Samping Makanan Nanas, Pendarahan Berat hingga Peningkatan Kadar Gula Darah

Senin, 16 Oktober 2023 - 09:35 WIB
loading...
7 Efek Samping Makanan Nanas, Pendarahan Berat hingga Peningkatan Kadar Gula Darah
Nanas kandungan nutrisi penting yang kuat, betapa pun kaya manfaat, nanas dapat memicu efek samping bila dikonsumsi dalam konsentrasi yang lebih banyak. Foto/ immediate.co.uk
A A A
JAKARTA - Nanas atau secara ilmiah dikenal dengan nama Ananas comosus, merupakan buah tropis manis asam yang memiliki rasa berbeda karena sejumlah senyawa volatil yang dimilikinya.

Nanas memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti anti-inflamasi dan antioksidan, pengaturan sistem saraf, peningkatan pencernaan, pengelolaan berat badan, dan banyak lagi.

Selain itu, kandungan nutrisi penting yang kuat, betapa pun kaya manfaat, dapat memicu efek samping tertentu bila dikonsumsi dalam konsentrasi yang lebih tinggi.

Jadi, seperti kita ketahui bahwa moderasi adalah kuncinya, ada dosis nanas harian yang direkomendasikan yang dapat mencegah Anda mengonsumsi nutrisi dalam jumlah berlebihan.



Dilansir pinkvilla pada Senin (16/10/2023), ada kadar konsumsi nanas per hari yang aman untuk tubuh. Pedoman Diet untuk orang Amerika adalah antara 30 dan 38 g per hari untuk pria dan antara 21 hingga 25 g per hari untuk wanita.

Jika berlebih, maka efek samping yang ditimbulkan cukup banyak karena dapat menyebabkan tingginya asupan mikronutrien tertentu yang dapat menyebabkan toksisitas.

Efek Samping Nanas

1. Alergi

Nanas kaya akan enzim pencernaan, salah satu enzim proteolitik khusus disebut bromelain, yang berarti memecah protein. Inilah sebabnya mengapa nanas dikenal memiliki khasiat ‘pelunak daging’ karena enzim tersebut dapat melunakkan serat otot.

Namun, enzim ini dapat memicu reaksi alergi yang bervariasi dari ringan hingga parah, terutama mempengaruhi kulit atau sistem pencernaan. Gejala yang paling sering diamati termasuk gatal-gatal, ruam, gatal, dan bengkak, dan beberapa reaksi parah dapat menyebabkan sesak napas, rinosinusitis kronis, nyeri dada, dan tekanan darah rendah. Nanas mengandung enzim lain yang disebut profilin yang dapat memicu alergi lateks pada beberapa individu.

Gejala-gejala ini mungkin hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, namun jika gejalanya semakin parah, segera konsultasikan dengan praktisi medis.

2.Ketidaknyamanan Perut

Nanas mengandung banyak vitamin C. Para peneliti menyatakan bahwa konsumsi Vitamin C dalam jumlah yang lebih tinggi dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti mual, kram perut, atau mulas. Selain itu, peningkatan bromelain dapat memicu ketidaknyamanan perut dan alergi yang menyebabkan diare, pusing, kehilangan nafsu makan, pendarahan menstruasi berlebihan, muntah atau diare.

3. Toksisitas

Sebaiknya mengonsumsi nanas yang sudah matang karena selain rasanya yang tidak enak, nanas yang masih mentah bisa sangat beracun bagi manusia. Ada beberapa penelitian pada hewan yang melaporkan tenggorokan gatal, sakit perut, diare parah, dan muntah pada orang setelah mengonsumsi nanas mentah.

4. Pendarahan Berat

Enzim bromelin dalam nanas memiliki efek tertentu pada pembekuan darah yang mungkin disebabkan oleh efek proteolitiknya. Ada penelitian pada manusia yang menyatakan bahwa bromelin menawarkan risiko pendarahan.

Oleh karena itu, dokter menyarankan untuk menghindari nanas selama kehamilan, penyakit hati atau ginjal, dan seminggu sebelum prosedur atau operasi gigi. Pasien yang menderita penyakit darah atau pendarahan harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi nanas dan mempertimbangkannya hanya setelah memulai pengobatan.

5. Kerusakan Gigi

Nanas mengandung berbagai enzim dan gula yang dapat memicu efek desensitisasi pada gigi atau menyebabkan pembusukan. Buah lezat yang tidak diragukan lagi, nanas karena enzim bromelain katalase, dan polifenol peroksidase memiliki keasaman tinggi yang dapat meluruhkan lapisan luar gigi melalui proses kimia secara perlahan dalam jangka waktu lama. Jadi, konsumsi nanas secara berlebihan tanpa menjaga kebersihan mulut secara tidak langsung dapat mempengaruhi penampilan dan kualitas gigi.

6. Peningkatan Kadar Gula Darah

Nanas mengandung glukosa dan sukrosa dalam jumlah tinggi, yang merupakan karbohidrat sederhana dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, terutama pada pasien pra-diabetes dan diabetes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)