7 Manfaat Air Rebusan Daun Sereh, Mampu Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Senin, 16 Oktober 2023 - 15:13 WIB
loading...
7 Manfaat Air Rebusan Daun Sereh, Mampu Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat
Air rebusan daun sereh memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Air rebusan daun sereh memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya dapat menurunkan kolesterol dan asam urat jika diminum secara rutin.

Daun sereh sering digunakan untuk bumbu dapur supaya masakan terasa sedap dan harum. Daun ini juga memiliki aroma khas yang terasa segar dan menjadikannya sebagai bahan masakan populer di Asia Tenggara.

Selain digunakan menjadi bahan dan bumbu masakan, daun sereh yang direbus juga mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat air rebusan daun sereh sebagai berikut.

Manfaat Air Rebusan Daun Sereh


1. Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat


Sereh dan daun salam mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang cukup baik untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Untuk mendapat manfaat sereh yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan daun salam pada rebusan sereh.



Menurut Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, manfaat rebusan sereh dan daun salam ini sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol dan asam urat. Ini sangat direkomendasikan kepada penderita asam urat dan kolesterol.

2. Meredakan Peradangan


Rebusan daun sereh juga dapat meredakan peradangan pada tubuh. Sereh memiliki kandungan anti-inflamasi yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi peradangan pada tubuh.



Untuk mendapat manfaat dari air rebusan sereh dan jahe ini, kamu bisa merebus 200 ml air bersama 2 batang sereh yang dimemarkan dan 3-4 ruas jahe yang dipotong tipis.

3. Meningkatkan Jumlah Hemoglobin dan Sel Darah Merah dalam Tubuh


Manfaat rebusan sereh lainnya adalah meningkatkan jumlah hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh. Hal ini dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada sereh. Manfaat ini bisa didapatkan lewat mengonsumsi rebusan sereh selama 30 hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6433 seconds (0.1#10.140)