Cara Ampuh Mengobati Kuku Cantengan, Cukup Rendam Jari dengan Air Hangat

Selasa, 17 Oktober 2023 - 16:18 WIB
loading...
Cara Ampuh Mengobati Kuku Cantengan, Cukup Rendam Jari dengan Air Hangat
Cara ampuh mengobati kuku cantengan bisa dilakukan dengan merendam jari dengan air hangat. Cantengan kondisi ketika kuku tumbuh ke dalam dan kondisi umum. Foto/Somerset Podiatry Clinic
A A A
JAKARTA - Cara ampuh mengobati kuku cantengan bisa dilakukan dengan merendam jari dengan air hangat. Cantengan adalah kondisi ketika kuku tumbuh ke dalam dan merupakan kondisi umum di mana sudut atau sisi kuku tumbuh menjadi daging yang lunak.

Akibatnya adalah nyeri, kulit meradang, bengkak, dan terkadang infeksi. Catengan biasanya sering terjadi pada jempol kaki. Perawat sekaligus healthy lifestyle educator Rizal Do menjelaskan cantengan bisa berubah menjadi parah hingga timbul nanah jika tidak ditangani dengan tepat.

Penyebabnya kondisi ini pun beragam. Mulai dari adanya kerusakan sekitar kuku karena memotong terlalu pendek atau memotong kutikula sehingga bakteri masuk, hingga terpaparnya kondisi lembap yang menyebabkan kuku itu sendiri menjadi tidak higienis.

Misalnya menggunakan sepatu tanpa kaus kaki, atau kaus kaki jarang di ganti berminggu-minggu, kaki atau tangan sering basah. Selain itu, cuci piring atau baju pakai tangan dan tanpa alas kaki juga bisa menyebabkan cantengan.



“Atau alasan lain seperti kondisi imun lemah, diabet, infeksi jamur, dan lain-lain,” kata Rizal dikutip dalam akun X miliknya @afrkml, Selasa (17/10/2023).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan bahwa cantengan bisa menyebabkan komplikasi berupa infeksi lipatan kuku yang disebabkan oleh jamur atau bakteri. Kondisi ini juga bisa terjadi karena selulitis (infeksi kulit yang luas pada daerah sekitar kuku), dan osteomielitis (infeksi tulang di daerah sekitar kuku).

Pada penderita diabetes, jika terjadi masalah ini kemungkinan dapat menyebabkan amputasi atau infeksi yang mengancam jiwa. Untuk itu, tindakan pencegahan dalam kondisi ini perlu dilakukan, terutama pada pemotongan kuku yang harus dipastikan tidak ada bagian terselip, dan memotong tidak terlalu pendek.

Catengan bisa dirawat di rumah. Namun, jika rasa sakitnya parah atau menyebar, disarankan untuk melakukan operasi dengan cara memotong dan mengambil bagian tepi kuku yang menancap ke kulit.



“Merendam jari yang cantengan pakai air hangat dan garam bisa buat pertolongan pertama yang cukup membantu,” jelasnya.

Menurut Rizal, air hangat dapat melebarkan pembuluh darah sehingga komponen-komponen darah akan semakin banyak berkumpul di situ dan melakukan perlawanan. Sehingga merendam jari juga bisa untuk meredakan nyeri. Namun yang perlu di garis bawahi, perendaman tidak bisa efektif dilakukan apabila cantengan sudah jelas terjadi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)