Solo Dinobatkan sebagai Kota Ternyaman di Indonesia, Ungguli Yogyakarta Bahkan Pulau Bali

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 20:20 WIB
loading...
Solo Dinobatkan sebagai Kota Ternyaman di Indonesia, Ungguli Yogyakarta Bahkan Pulau Bali
Kota Solo saat ini menyandang peringkat pertama di jajaran 40 kota ternyaman di Indonesia. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Kota Solo saat ini menyandang peringkat pertama di jajaran 40 kota ternyaman di Indonesia.

Penilaian ini diberikan oleh sebuah halaman situs akademi, Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) 2022. Dalam situs tersebut, Kota Solo meraih poin rata-rata 77. Solo menjadi kota ternyaman setelah Yogyakarta yang berada di peringkat kedua.

Bahkan, Bali yang selama ini digadang-gadang menjadi salah satu daerah terindah di Indonesia, justru berada di peringkat 40 sebagai kota ternyaman. Lantas, apa yang membuat Solo dinobatkan menjadi kota ternyaman di Indonesia? Berikut ulasannya, dilansir dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Jumat (20/10/2023).



Ketua Kompartemen Livable City IAP Elkana Catur mengatakan, Solo terpilih menjadi kota yang memiliki nilai paling tinggi dan konsisten sebagai kota yang layak huni bagi warganya. Berdasarkan data kota layak huni, pada tahun 2017 index kota layak huni Solo mencapai 66,9 persen. Penilaian itu menjadi yang terbaik, mengungguli nilai kota-kota lain seperti Semarang, Balikpapan, Denpasar, dan Palembang.

Selain Solo, ada enam kota lain yang masuk ke dalam top tier city, yakni kota dengan nilai index livability di atas rata-rata. Keenam kota tersebut yakni Palembang (66,6 persen), Balikpapan (65,8), Denpasar (65,5 persen), Semarang (65,4 persen), Tangerang Selatan (65,4 persen) dan Banjarmasin (65,1 persen).

“Solo dan Balikpapan adalah kota yang konsisten sebagai top cities. Kota Solo adalah kota yang memiliki index tertinggi disusul dengan Balikpapan dan kota lainnya,” beber Elkana.

Hasil survei juga mengungkap bahwa aspek ketercukupan pangan dan fasilitas peribadatan serta pelayanan keagamaan dari sebuah kota menjadi aspek paling memuaskan bagi masyarakat dengan presentase mencapai 76 persen.



Aspek ketiga yang dirasa cukup membuat masyarakat Indonesia merasa nyaman tinggal di kotanya yaitu pengelolaan air bersih, angkanya mencapai 75 persen.

“Fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan juga menjadi poin plus masyarakat merasa nyaman hidup di kotanya, kedua angkanya sama yaitu 71 persen,” ungkap Elkana.

Selain itu, Kota Solo yang juga dikenal sebagai Surakarta, telah menjadi magnet bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Pesona keindahan alamnya, seni budayanya yang kaya, serta ragam kuliner lezat telah berhasil menarik perhatian banyak orang untuk datang serta menikmati segala keunikan yang dimiliki oleh kota ini.

Tak hanya destinasi wisata yang menakjubkan, Kota Solo juga menjadi pusat kegiatan seni dan budaya. Ragam pertunjukan seni, seperti wayang kulit dan tari-tarian tradisional, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta seni dan kebudayaan.

Tidak kalah menarik, Kota Solo juga terkenal dengan kelezatan kuliner-kuliner khasnya. Wisata kuliner di Kota Solo tak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4225 seconds (0.1#10.140)