Ini Alasan Anda Masih Ingin Berteman dengan Mantan Pacar

Kamis, 17 Agustus 2017 - 22:07 WIB
Ini Alasan Anda Masih Ingin Berteman dengan Mantan Pacar
Ini Alasan Anda Masih Ingin Berteman dengan Mantan Pacar
A A A
JAKARTA - Peneliti dari University of Kansas mengungkapkan alasan seseorang memilih untuk tetap berteman dengan mantan kekasih setelah putus. Dalam temuan ini, peneliti menggunakan dua studi, di mana pada studi pertama melibatkan 115 pria dan 173 wanita.

Hal tersebut bertujuan untuk mencari tahu apakah para responden masih berteman dengan mantan kekasih mereka. Hasilnya ditemukan sebanyak 29 alasan mereka masih berteman, seperti halnya tidak ingin kehilangan teman, telah berbagi sejarah dan memori, hingga ingin berlaku sopan.

Dilansir Women's Health, sebanyak 59% responden mengaku masih berteman dengan mantan. Peneliti menemukan ada empat alasan utama yang melandasi hal ini seperti, keamanan, alasan praktis, kesopanan, dan rasa cinta yang belum padam.

Saat mantan kekasih memutuskan untuk tetap berteman dengan alasan keamanan, hal ini menunjukkan bahwa mereka tak ingin kehilangan dukungan emosional yang biasa diberikan. Alasan lainnya adalah berbagi hak asuh, saling bergantung soal keuangan hingga berbagi harta.

Dengan tetap berlaku sopan meski tidak berhubungan, responden menilai bisa menghindari konfrontasi atau drama. Selain itu, rasa cinta yang belum padam juga menjadi salah satu dasar untuk tetap berteman dengan mantan pacar. Sementara studi kedua, peneliti mengumpulkan data dari 241 pria dan 293 wanita untuk melihat, kemungkinan hubungan pertemanan ini bertahan atau tidak.

Hasil studi kedua menunjukkan pertemanan yang terjalin tidak memuaskan namun tidak juga mengganggu, cenderung netral.

Berdasarkan kedua studi tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa berteman dengan mantan kekasih dengan alasan keamanan dan praktis, bisa bertahan lebih lama dan berefek positif. Namun berteman karena masih menyimpan perasaan, memicu efek negatif dan mereka yang berteman karena ingin berlaku sopan juga tidak bertahan lama pertemanannya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4072 seconds (0.1#10.140)