Teh Hijau Jadi Minuman Menyehatkan, Aman Dikonsumsi Tiap Hari?

Minggu, 22 Oktober 2023 - 22:11 WIB
loading...
Teh Hijau Jadi Minuman Menyehatkan, Aman Dikonsumsi Tiap Hari?
Teh hijau menjadi salah satu minuman yang menyehatkan. Namun, bagaimana jika teh hijau dikonsumsi setiap hari? Foto/ getty.
A A A
JAKARTA - Teh hijau menjadi salah satu minuman yang menyehatkan. Namun, bagaimana jika teh hijau dikonsumsi setiap hari?

Teh hijau berasal dari tanaman camellia sinensis terkenal dengan sifatnya yang tidak difermentasi dan minim pengolahan. Hal ini membuat teh hijau kaya antioksidan.



Selain itu, teh hijau dianggap sebagai salah satu jenis teh yang paling sehat karena memiliki kandungan kafein yang paling rendah.

Mengutip Times of India, adapun kandungan katekin dalam teh hijau yang berfungsi menurunkan tekanan darah, terutama pada individu dengan tekanan darah sistolik di atas 130 mm Hg. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa katekin pada teh hijau dapat meningkatkan manajemen gula darah dan sensitivitas insulin. Sebuah penelitian pada 2021 yang melibatkan orang dewasa di Tiongkok menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau setiap hari lebih kecil kemungkinannya terkena diabetes, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau atau meminum jenis teh lainnya.

Kandungan lain yang ada pada teh hijau yakni L-theanine yang berfungsi untuk relaksasi dan meningkatkan kognitif. Dalam ulasan 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine, para peneliti menemukan bahwa minum teh hijau dapat membantu membatasi kecemasan, meningkatkan daya ingat, serta rentang perhatian.

Sementara, sebuah studi 2022 menemukan bahwa remaja (12-18 tahun) yang minum 6 cangkir teh hijau tanpa kafein sehari selama enam minggu memiliki lebih sedikit hormon stres dan memperbaiki gejala depresi, kecemasan dan stres.

Meskipun ada beberapa manfaat yang terkait dengan konsumsi teh hijau, penting untuk dicatat jumlah konsumsi hariannya. Diketahui, ketika katekin dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menyebabkan efek samping seperti sakit perut, keracunan hati, insomnia, ruam kulit, dan lonjakan tekanan darah.



Lalu, berapa konsumsi teh hijau yang aman setiap harinya?

Teh hijau aman untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, dianjurkan untuk meminum 8 cangkir teh hijau seduh per hari. Hal ini guna menghindari asupan kafein berlebihan. Namun, untuk ibu hamil memiliki porsi yang berbeda. Ibu hamil hanya boleh mengonsumsi 6 cangkir teh hijau dalam sehari.

Jika Anda ingin mengonsumsi teh hijau dalam jumlah banyak dalam sehari, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi bersertifikat untuk memastikan keamanannya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)