5 Bahan Alami untuk Sembuhkan Luka pada Kulit, Cepat Tanpa Obat

Senin, 23 Oktober 2023 - 09:52 WIB
loading...
5 Bahan Alami untuk Sembuhkan Luka pada Kulit, Cepat Tanpa Obat
Luka bisa cepat sembuh dengan memakai bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Proses penyembuhan luka pada kulit bisa memakan waktu cukup lama. Namun, ada cara yang dapat membantu Anda menyembuhkan luka lebih cepat dan mengurangi risiko infeksi.

Caranya adalah dengan memakai bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Berikut lima bahan alami yang dapat membantu menyembuhkan luka tanpa obat, dikutip dari laman Medical News Today, Senin (23/10/2023).

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung zat kaya vitamin dan mineral. Lidah buaya mengandung glukomanan, zat yang membantu meregenerasi sel dan menyebabkan tubuh memproduksi kolagen. Zat ini adalah protein yang mendorong penyembuhan luka.



Tinjauan sistematis tahun 2019 menyatakan bahwa lidah buaya dan senyawanya dapat meningkatkan penyembuhan luka. Bukti keseluruhan menunjukkan bahwa obat ini mungkin efektif untuk penyembuhan luka bakar tingkat satu dan dua. Ulasan tersebut juga menunjukkan kalau lidah buaya dapat membantu menjaga kelembaban dan integritas kulit, sekaligus meredakan peradangan serta mencegah bisul.

2. Madu

Madu memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Tinjauan tahun 2016 menyatakan, penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa madu secara signifikan meningkatkan level penyembuhan luka pada hewan.

Madu juga dapat mengurangi pembentukan bekas luka serta menghambat pertumbuhan bakteri pada luka akut dan luka bakar.

3. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Sebuah ulasan tahun 2016 menunjukkan bahwa kunyit efektif dalam membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

Ulasan tahun 2019 juga menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan produksi kolagen di lokasi luka. Disebutkan pula bahwa kurkumin mendorong diferensiasi fibroblas menjadi miofibroblas, yang memulai proses penyembuhan dan membantu luka sembuh lebih cepat.


4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Menurut ulasan tahun 2020, beberapa uji klinis telah menunjukkan kemanjuran bawang putih dalam mengobati luka. Dinyatakan bahwa dalam studi praklinis, ekstrak bawang putih menunjukkan potensi penyembuhan luka tergantung dosisnya.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung zat monolaurin, asam lemak dengan sifat antimikroba. Asam lemak yang ditemukan dalam minyak nabati diasumsikan berperan besar dalam membantu penyembuhan luka. Seseorang dapat menggunakan minyak kelapa pada luka untuk membantu mengurangi risiko tertular infeksi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)