Viral! Minuman Es Khas Aceh yang Namanya Bikin Netizen Salah Fokus

Senin, 23 Oktober 2023 - 13:18 WIB
loading...
Viral! Minuman Es Khas Aceh yang Namanya Bikin Netizen Salah Fokus
Kuliner khas Simeulue, Aceh, baru-baru ini viral di jagat maya. Foto/TikTok @awien_syuib
A A A
ACEH - Indonesia tak hanya terkenal dengan kulinernya yang mampu menggoyang lidah, namun juga memiliki nama-nama unik bahkan tidak biasa. Seperti pada kuliner khas Simeulue, Aceh, yang baru-baru ini viral di jagat maya.

Kuliner berupa minuman itu bernama ‘memek’. Beberapa dari Anda mungkin akan berpikir negatif. Namun, sebenarnya, pembacaan ‘e’ pada nama minuman ini sama seperti membaca kata ‘elang’.

Memek sudah lama menjadi salah satu minuman khas yang ada di Aceh. Namun, minuman satu ini belakangan viral setelah salah satu content creator me-review dan membeli langsung di kedai yang menjual memek.



Dalam konten yang diunggah di akun TikTok @awien_syuib itu, pria dalam video tersebut tampak memegang segelas memek yang dibelinya. Ia juga berdiri di depan spanduk kuning bertuliskan kata ‘memek’ yang terpampang cukup besar.

Pria tersebut lantas menunjukkan apa itu memek yang sedang dipegangnya. Ia menjelaskan, memek sebenarnya berupa beras ketan yang menjadi topping di minuman berwarna putih yang terbuat dari santan itu.

“Jadi inilah satu gelas memek ya. Sebenarnya memek itu yang di atasnya ini nih. Beras ketan yang digonseng, itu sebutannya memek, dan berasal dari kata mamamek atau kalau kita makan itu lebih ‘mengunyah’,” ujar pria tersebut, dikutip Senin (23/10/2023).

Ya, memek pada dasarnya merupakan makanan khas dari Kabupaten Simeulue yang terbuat dari campuran beras ketan yang digonseng dan pisang. Kedua bahan utama tersebut dicampur dengan santan yang sudah dipanaskan, gula, dan garam. Proses pembuatannya butuh waktu sekitar satu jam. Setelah masak, memek dapat disantap langsung atau saat sudah dingin.



Nama memek berasal dari 'mamemek' yang berarti mengunyah-ngunyah atau menggigit. Namun, saat ini masyarakat di Simeulue lebih populer menyebutnya sebagai memek.

Meski pria dalam konten tersebut sudah menjelaskan secara jelas terkait minuman bernama memek itu, namun tetap saja mengundang beragam komentar dari netizen. Banyak yang masih dibuat salah fokus dengan nama hingga pengucapan nama minuman tersebut yang dinilai terlalu frontal.

“Lincah banget ngomongnya,” ujar @iv*****.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)