5 Nutrisi Paling Efektif Mengurangi Kecemasan, Omega-3 Mampu Mengatur Suasana Hati

Selasa, 24 Oktober 2023 - 13:00 WIB
loading...
5 Nutrisi Paling Efektif Mengurangi Kecemasan, Omega-3 Mampu Mengatur Suasana Hati
Apa yang Anda makan sangat memengaruhi kesehatan otak. Jadi, mulai dengan memilih makanan yang tepat. Salah satunya mengonsumsi nutrisi terbaik. Foto/ times of india.
A A A
JAKARTA - Kecemasan ditandai dengan gejala-gejala, seperti rasa khawatir terus-menerus, kegelisahan, mudah lelah, sulit berkonsentrasi, mudah tersinggung dan ketegangan otot. Mengatasinya bisa dengan mengatur pola makan.

Apa yang Anda makan dapat sangat memengaruhi kesehatan otak. Jadi, mulai dengan memilih makanan yang tepat.Salah satunya dengan mengonsumsi nutrisi terbaik.

Dilansir Times of India pada Sabtu (21/10/2023), berikut lima nutrisi penting yang dikenal karena khasiatnya dalam mengurangi kecemasan


Nutrisi untuk Mengurangi Kecemasan

1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 dikenal karena sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi kecemasan, di mana produksi neurotransmiter, seperti serotonin mampu mengatur suasana hati.

Penelitian 2018 yang diterbitkan di JAMA Network Open menemukan bahwa orang yang mengonsumsi omega-3 dosis tinggi (hingga 2.000 mg sehari) tampaknya mengalami penurunan gejala kecemasan paling besar. Makanan kaya asam lemak omega-3 termasuk ikan berlemak seperti salmon, kenari, dan biji rami.

2. Magnesium

Magnesium memainkan peran penting dalam fungsi sistem saraf kita. Magnesium membantu rileks dengan merangsang produksi melatonin dan serotonin. Kekurangan magnesium telah dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan stres. Makanan seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian merupakan sumber kaya magnesium, yang dapat membantu mengendurkan otot dan menenangkan pikiran.

3. Vitamin D

Vitamin D disebut juga "vitamin sinar matahari." Jadi, penting untuk kesehatan mental. Rendahnya kadar vitamin D telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kecemasan dan depresi. Menghabiskan waktu di luar ruangan dan mengonsumsi makanan kaya vitamin D seperti ikan berlemak, produk susu yang diperkaya, dan kuning telur dapat membantu mengurangi kecemasan.

4. Vitamin B

Vitamin B, terutama B6 dan B12, sangat penting untuk sintesis neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin, yang berperan penting dalam pengaturan suasana hati. Makanan seperti daging tanpa lemak, unggas, kacang-kacangan, dan sayuran hijau menyediakan vitamin B penting ini.


5. Vitamin C

Vitamin C membantu memperbaiki dan melindungi sel-sel kita dan telah terbukti meredakan kecemasan. Orang yang kekurangan vitamin C sering kali mengalami kelelahan atau merasa depresi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin C lebih rendah dari normal menemukan bahwa suasana hati mereka membaik setelah menerima vitamin C, menurut Mayo Clinic. Makanan kaya vitamin C antara lain blueberry, jeruk dan paprika merah.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)