Menparekraf Perkenalkan iTourism untuk Dukung Transparansi sebagai Pilar Penting dalam Pemerintahan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 20:39 WIB
loading...
Menparekraf Perkenalkan iTourism untuk Dukung Transparansi sebagai Pilar Penting dalam Pemerintahan
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, salah satu pilar terpenting dalam transparansi adalah dengan tata kelola pemerintahan yang baik. Foto/MPI/Annastasya Rizqa
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) baru saja menggelar acara Forum Keterbukaan Informasi Publik 2023. Acara ini bertujuan untuk menghadirkan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, salah satu pilar terpenting dalam transparansi adalah dengan tata kelola pemerintahan yang baik. Untuk itu, pihaknya ingin menjalankan proyek pembangunan yang mutakhir.

“Sebuah sistem untuk mengelola informasi saat menghadapi krisis sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi. Semua melalui surveilans, broadcast, dan alhamdulillah ini membuat posisi Kemenparekraf sebagai institusi yang selalu informatif,” ujarnya kepada media di Jakarta, Selasa (24/10/2023).



Sandiaga mengatakan, pihaknya juga selalu memberikan informasi berbasis data. Oleh karena itu, dalam forum tersebut ia mengenalkan iTourism, yang merupakan informasi satu data yang terintegrasi dalam memberikan informasi mengenai wisata.

“Kebijakan ini bertujuan untuk melayani masyarakat, memberikan suatu peningkatan pelayanan yang baik sehingga akhirnya peluang usaha dan lapangan kerja serta target pembangunan dapat tercapai,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani mengatakan, pihaknya membuat buku panduan untuk komunikasi krisis di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga ketika mengalami krisis seperti beberapa tahun ke belakang bisa teratasi dengan transparan.

“Harapannya jadi sistem terpadu untuk lintas kementerian, lembaga dan pusat daerah ketika kita mengalami krisis,” kata Dewi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)