8 Tanda Rambut Rontok yang Harus Diketahui

Senin, 28 Agustus 2017 - 02:30 WIB
8 Tanda Rambut Rontok yang Harus Diketahui
8 Tanda Rambut Rontok yang Harus Diketahui
A A A
JAKARTA - Rambut rontok merupakan salah satu masalah rambut yang kerap dikeluhkan banyak orang. Tak hanya wanita, tapi juga pria. Kepadatan rambut yang berkurang pun dinilai tak hanya mempengaruhi penampilan tapi juga kesehatan mental.

"Jumlah korban emosional dan psikologis akibat rambut rontok pada wanita sangat besar dan sering tidak dibahas. Wanita sering malu terisolasi, meskipun masalah rambut rontok adalah hal yang sangat umum," papar dermatolog bersertifikat di Santa Monica, CA, Sonia Batra, MD.

Dilansir dari Prevention, androgenetic alopecia merupakan jenis kerontokan yang umumnya terjadi pada wanita. Menurut Batra, kondisi ini terjadi karena kombinasi dari riwayat keluarga, perubahan kadar hormon pria yang dikenal sebagai androgen dan penuaan.

"Karena usia, ukuran folikel rambut mulai menyusut dan folikel yang berukuran kecil menghasilkan rambut yang lebih tipis, lebih pendek, lebih rapuh. Pada akhirnya, jumlah folikel jug dapat berkurang," ungkapnya.

Kendati demikian, kerontokan bisa diatasi dengan cara mengetahui gejala kerontokan. Berikut gejala kerontokan rambut yang harus diketahui.

1. Jarak antar rambut semakin melebar.
2. Saat menarik rambut, terlihat kulit kepala dengan lebih jelas (akibat kepadatan rambut berkurang).
3. Rambut terlihat lepek dan jika ditata, maka hasil penataan tidak bertahan lama.
4. Banyak rambut di atas bantal.
5. Lebih banyak yang rontok ketika rambut disisir.
6. Banyak ditemukan rambut di saluran air.
7. Sunburn di kulit kepala.
8. Ketika rambut dikuncir, rambut terlihat semakin sedikit.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2788 seconds (0.1#10.140)