7 Manfaat Buah Tin yang Tercantum dalam Al Quran

Rabu, 25 Oktober 2023 - 10:07 WIB
loading...
A A A
Jadi, apakah Anda lebih suka buah ara segar atau kering, memasukkan buah ara ke dalam makanan Anda dapat memberikan banyak manfaat kesehatan dan membantu Anda mempertahankan pola makan yang sehat.

1. Penuh Nutrisi

Buah ara adalah sumber serat, potasium, kalsium, dan magnesium. Mereka juga memiliki vitamin seperti vitamin K dan vitamin B6. Dan itulah mengapa kami menyukai buah ara! Mereka juga baik untuk menjaga tekanan darah.

2. Baik untuk Usus

Berkat kandungan seratnya yang tinggi, buah ara sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Mengonsumsi buah ara secara rutin dapat menjaga sistem pencernaan tetap prima.

3. Mengontrol Gula Darah

Jika Anda penderita diabetes atau berjuang dengan gula darah tinggi, buah ara dapat membantu mengatur kadar gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi. Ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk menjaga kadar gula darah.

4. Penghancur Kolesterol

Buah ara mengandung sejenis serat larut yang disebut pektin, yang telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Anti-Peradangan

Buah ara kaya akan senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh Anda. Hal ini bisa sangat membantu jika Anda menderita kondisi peradangan seperti radang sendi.

6. Pembangun Tulang

Buah ara adalah sumber kalsium yang baik, yang sangat penting untuk membangun dan menjaga kekuatan tulang. Mengonsumsi buah ara secara rutin dapat membantu mencegah osteoporosis dan penyakit terkait tulang lainnya.

7. Atasi Kanker

Buah ara mengandung berbagai antioksidan yang dapat membantu melindungi terhadap kanker dan penyakit kronis lainnya. Jadi, dengan mengonsumsi buah ara secara teratur, Anda tidak hanya memuaskan rasa manis Anda tetapi juga membantu tubuh Anda tetap sehat dan bebas kanker.

Baca Juga: Begini Cara Menjaga Kesuburan bagi Penyintas Kanker Payudara

Efek Samping

Buah ara umumnya aman dikonsumsi dalam jumlah sedang, namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menimbulkan efek samping tertentu, terutama jika Anda memiliki kondisi medis yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa kemungkinan efek samping buah ara:

1. Masalah pencernaan

Buah ara mengandung banyak serat, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan. Anda mungkin mengalami gejala seperti gerakan lemas, kembung berlebihan dan gas.

2. Reaksi alergi

Alergi terhadap buah ara mungkin terjadi pada banyak orang. Mungkin ada gejala reaksi alergi ringan hingga sedang terhadap buah ara. Hal ini dapat menyebabkan gejala alergi seperti anafilaksis, kesulitan bernapas, dan dapat menyebabkan pembengkakan.

3. Gangguan pada pengobatan

Buah ara mengandung vitamin K, yang dapat mengganggu obat pengencer darah seperti warfarin (6).


4. Kelebihan kalium

Hiperkalemia dapat disebabkan oleh asupan buah ara yang berlebihan, hiperkalemia disebabkan ketika ada peningkatan asupan kalium dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui buah ara juga tinggi potasium, yang terbaik adalah makan dan menikmati buah ara secukupnya.

Sebelum mengonsumsi buah ara jika Anda memiliki riwayat masalah kesehatan seperti gangguan ginjal atau diabetes, sebaiknya periksakan ke dokter apakah buah ara bisa menjadi pilihan untuk Anda makan.

Jika Anda memiliki kondisi medis yang mendasari, seperti diabetes, penyakit ginjal, atau riwayat alergi, Anda harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum mengonsumsi buah ara.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3534 seconds (0.1#10.140)