4 Makanan yang Boleh Diasup Ketika Merasa Lapar Jelang Tidur

Kamis, 26 Oktober 2023 - 11:24 WIB
loading...
4 Makanan yang Boleh Diasup Ketika Merasa Lapar Jelang Tidur
Beberapa makanan boleh dikonsumsi dan menjadi alternatif saat Anda merasa lapar menjelang waktu tidur. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Merasa lapar menjelang tidur adalah situasi umum yang dialami oleh banyak orang. Sebagian orang kadang terlena dengan rasa lapar ini dan makan makanan yang mengandung terlalu banyak kalori dengan sedikit nutrisi.

Jika hal itu dilakukan terus-menerus tentu tidak baik dan bakal menimbulkan masalah kesehatan. Nah, beberapa makanan berikut ini boleh dikonsumsi dan menjadi alternatif saat Anda merasa lapar menjelang waktu tidur, seperti dikutip dari berbagai sumber, Kamis (26/10/2023).


1. Kenari

Perut keroncongan di malam hari merupakan cara tubuh memberi tahu Anda bahwa ia menginginkan lebih banyak kalori dan nutrisi. Jadi, Anda harus berusaha mengonsumsi makanan yang memberikan nutrisi paling banyak.

Kenari menjadi pilihan yang tepat, karena mengandung kalsium, magnesium, vitamin B, protein, serta lemak sehat seperti omega-3 dan nabati. Dengan banyaknya nutrisi tersebut, penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kenari dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 dan faktor risiko kardiometabolik lain.

2. Pisang

Selain enak, pisang juga bisa membantu Anda tertidur. Pisang mengandung potasium, yang merupakan pelemas otot alami, sehingga membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Pisang juga mengandung triptofan, yang tidak hanya meningkatkan suasana hati tetapi juga membantu tidur malam yang nyenyak.


3. Yoghurt Yunani, Almond, dan Beri

Yogurt Yunani atau Greek yogurt dengan almond dan beri adalah kombinasi makanan yang tepat jika Anda merasa lapar menjelang jam tidur malam. Kombinasi makanan tersebut memiliki keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak.

Mengonsumsi sesuatu yang berbahan dasar karbohidrat, protein, dan lemak sebelum tidur membantu menjaga keseimbangan gula darah serta mencegah tubuh terbangun di malam hari karena kebutuhan akan glukosa.

4. Susu

Selain makanan, susu ternyata juga bisa diminum jika Anda merasa lapar menjelang waktu tidur. Kandungan triptofan dan kalsium pada susulah yang akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)