Manfaat Meditasi di Pagi Hari, Perhatikan Gerakannya

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 07:00 WIB
loading...
Manfaat Meditasi di Pagi Hari, Perhatikan Gerakannya
Manfaat meditasi di pagi hari tidak ada kaitannya dengan meditasi itu sendiri, melainkan lebih berkaitan dengan pengaturan di kemudian hari.Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Manfaat meditasi di pagi hari tidak ada kaitannya dengan meditasi itu sendiri, melainkan lebih berkaitan dengan pengaturan di kemudian hari.

Meditasi adalah istilah umum untuk berbagai teknik fokus mental yang dapat membantu menyatukan tubuh dan pikiran. Ini melibatkan aspek konsentrasi, relaksasi, perhatian dan netralitas emosional. Bagi banyak orang, ini juga merupakan pengalaman spiritual.

Meditasi umumnya dipandang sebagai cara aman untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan fisik dan mental.

Jika Anda ingin menambahkan meditasi ke dalam rutinitas Anda, tidak ada waktu yang “buruk” untuk melakukannya, namun manfaat bermeditasi di pagi hari mungkin menarik.


Waktu terbaik bermeditasi

Dilansir Healthline pada Sabtu (28/10/2023), waktu terbaik untuk bermeditasi adalah waktu yang sesuai dengan jadwal dan tingkat motivasi Anda.

“Waktu terbaik untuk bermeditasi adalah saat Anda benar-benar berkomitmen untuk melakukannya,” kata John Mathews, pekerja sosial klinis berlisensi dari Midlothian, Virginia.

“Kebijaksanaan konvensional adalah bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukannya, dan jika Anda dapat meluangkan waktu di pagi hari, itu adalah hal yang bagus. Tetapi jika tidak – kapan pun Anda dapat menyisihkan waktu untuk meditasi adalah waktu yang tepat,” ujar John Mathews lagi.

Manfaat meditasi di pagi hari

Manfaat meditasi tidak bergantung pada waktu, namun ada alasan mengapa praktisi sering merekomendasikan meditasi di pagi hari.

Memulai hari libur dengan benar

Aine Rock, instruktur meditasi bersertifikat dan pakar kesehatan integratif dari Los Angeles, California, menjelaskan bahwa bermeditasi di pagi hari akan menentukan semangat untuk sisa hari itu.

“Meditasi pagi hari memberikan landasan ketenangan dan keseimbangan untuk hari yang akan datang,” katanya. “Ini membantu memusatkan pikiran, mengelola stres, dan meningkatkan kesejahteraan emosional secara keseluruhan.”

Mengelola hari-hari yang sangat menegangkan

Meditasi pagi hari dapat membantu Anda mengelola perasaan khawatir, antisipasi, dan kecemasan pada hari-hari yang sangat menegangkan.

Mathews menunjukkan ada pepatah meditasi, yang sering dikaitkan dengan Gandhi, bahwa pada hari-hari dia sangat sibuk, dia bermeditasi selama dua jam di pagi hari, bukan satu jam.

“Poin yang ia sampaikan adalah bahwa meditasi dapat membantu kita mempersiapkan diri menghadapi hari tersebut, dan hari-hari di mana kita berpikir bahwa kita mempunyai waktu paling sedikit untuk bermeditasi mungkin adalah hari-hari yang dapat kita manfaatkan secara maksimal,” ujar John Mathews.

Meditasi di pagi hari dapat mengatur suasana hari Anda, tetapi pagi hari juga dapat mengatur suasana meditasi.

Menurut Caroline Schmidt, pekerja sosial klinis berlisensi dari St. Louis, Missouri, pagi hari cenderung memiliki perasaan damai sebelum kesibukan hari itu.

Pikiran Anda secara alami tenang dari istirahat, dan dunia di sekitar Anda tenang dari tidur kolektif.

“Pagi hari memberikan kesempatan untuk memiliki waktu sendiri, sementara orang lain terus tidur,” ujarnya. “Kali ini bisa untukmu, dan kamu sendiri. Dan itu adalah sesuatu yang sangat jarang terjadi, di dunia yang semakin terhubung dengan teknologi.”

“Saat Anda baru bangun tidur dan masih terbaring di tempat tidur, Anda dapat mengambil kesempatan untuk terhubung dengan diri sendiri bahkan hanya selama lima menit. Anda dapat dengan sadar merasakan dan mengeksplorasi bagaimana perasaan tubuh Anda di bawah selimut,” katanya.

Durasi meditasi

Penelitian tentang berapa lama Anda perlu bermeditasi untuk merasakan manfaatnya masih terbatas dan beragam. Beberapa ahli menyarankan pengulangan, kompetensi, dan konsistensi lebih penting daripada durasi.

Studi pada 2018 menemukan bahwa 13 menit sehari selama 8 minggu sudah cukup bagi sebagian besar meditator yang tidak berpengalaman untuk melihat perubahan positif.

Terkadang mediasi beberapa menit mungkin cukup untuk mencapai tingkat fokus dan kejelasan yang tepat untuk menghadapi tantangan secara langsung.

“Sebenarnya tidak ada waktu yang baik atau buruk untuk bermeditasi,” kata Mathews.

“Saya menasihati klien saya bahwa meditasi yang disengaja selama 30 detik pun dapat memberikan manfaat,” ucap dia lagi.


Jenis meditasi pagi

Segala jenis meditasi bisa menjadi meditasi pagi. Praktik yang Anda putuskan haruslah praktik yang sesuai dengan tujuan dan prinsip Anda. Jika Anda bukan orang yang spiritual, misalnya, meditasi yang berfokus pada spiritual mungkin bukan untuk Anda.

Contoh format meditasi yang dapat dipilih meliputi: mindfulness meditation, spiritual meditation, focused meditation, mantra meditation, transcendental meditation, loving-kindness meditation, progressive relaxation, visualization, walking meditation, focused breathing trauma-informed meditation.

Schmidt mengatakan dia lebih menyukai meditasi pagi yang didasarkan pada rasa syukur atau gerakan. Kedua opsi ini adalah cara untuk fokus pada apresiasi atas hadiah di hari lain dan kemampuan Anda untuk menjalaninya.

Tips memulai latihan meditasi

dimulai dengan sasaran waktu kecil 5–10 menit
sisihkan waktu khusus untuk bermeditasi, jika memungkinkan, namun tetap fleksibel
menjelajahi berbagai area di rumah atau alam Anda untuk tempat meditasi
mencoba praktik meditasi yang berbeda untuk menemukan yang cocok
mempelajari lebih lanjut tentang format meditasi pilihan Anda
menghubungkan dan berbagi pengalaman dengan orang lain yang juga bermeditasi
memanfaatkan alat bantu seperti aplikasi meditasi atau musik yang menenangkan

Yang terpenting, Rock mengatakan untuk bersikap baik dan sabar terhadap diri sendiri saat Anda belajar. Meditasi dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan, dan tidak masalah untuk memikirkannya seiring berjalannya waktu.



Intinya
Manfaat meditasi di pagi hari berkaitan dengan menyiapkan hari Anda untuk sukses. Pagi hari adalah waktu yang secara alami tenang, dan bermeditasi lebih awal dapat memulai hari Anda dengan positif dan fokus.

Namun, tidak ada waktu yang salah untuk bermeditasi. Pagi hari mungkin merupakan waktu yang tepat untuk bermeditasi, tetapi waktu “terbaik” untuk bermeditasi adalah kapan pun Anda paling mungkin memanfaatkan kesempatan tersebut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)