IDAI: Menyusui Jadikan Bumi Lebih Sehat

Rabu, 05 Agustus 2020 - 17:01 WIB
loading...
IDAI: Menyusui Jadikan Bumi Lebih Sehat
Menyusui dapat membuat bumi menjadi lebih sehat. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Menyusui tidak hanya baik untuk bayi dan ibu. Bertepatan dengan Pekan Menyusui Dunia yang dirayakan tiap tanggal 1-7 Agustus, diungkap fakta bahwa menyusui juga dapat membuat bumi ini menjadi lebih sehat.

Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua Satgas ASI (Air Susu Ibu) Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A. Ini juga sesuai dengan tema Pekan Menyusui Dunia 2020, yaitu Support Breastfeeding for a Healthier Planet. ( )

"Tema Pekan Menyusui setiap tahun akan berubah. Pada awal-awal peringatan ini, kita lebih banyak mengedukasi, mendorong ibu-ibu agar bisa menyusui. Makin lama, temanya lebih ke global. Sekarang untuk bumi yang lebih sehat," jelas Dr. Elizabeth melalui Live Instagram @idai_ig, Rabu (5/8).

Dengan menyusui, Dr. Elizabeth mengatakan, setiap ibu bisa membuat bumi benar-benar lebih sehat. Alasannya tidak lain karena menyusui sangat mudah, tidak membutuhkan alat, dan tak butuh bahan-bahan yang bisa menyebabkan polusi di dunia.

"Yang kita tahu, sampah kita ini sudah paling banyak. Karena kita hanya membutuhkan payudara pada ibu, menyusui bisa langsung tanpa peralatan," kata Dr. Elizabeth.

Berbeda halnya dengan mereka yang tidak menyusui. Dr. Elizabeth menambahkan, ibu yang tidak menyusui bayinya pasti membutuhkan produk, yang mana hal ini cenderung menyebabkan banyak sampah, baik berupa dus hingga kaleng susu. (

"Belum lagi kita ada botol, perlu air bersih, perlu bahan bakar. Jadi dengan menyusui itu benar-benar selain hemat dan murah, juga bisa menyehatkan bumi ," tandasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)