6 Manfaat Kopi Hitam bagi Kesehatan, Lebih Baik Dikonsumsi Pagi dan Siang Hari

Senin, 30 Oktober 2023 - 11:37 WIB
loading...
6 Manfaat Kopi Hitam bagi Kesehatan, Lebih Baik Dikonsumsi Pagi dan Siang Hari
Minum kopi di pagi hari memberi banyak manfaat kesehatan, khususnya kopi hitam. Foto/ healthshots.
A A A
JAKARTA - Apakah Anda termasuk orang yang memulai hari dengan secangkir kopi panas? Ya, minum kopi di pagi hari memberi banyak manfaat kesehatan, khususnya kopi hitam.

Kopi hitam merupakan kopi polos yang tidak mengandung krim, tanpa susu dan tanpa pemanis. Jadi, Anda mendapatkan manfaat kopi tanpa menambah kalori, lemak dan gula. Dilansir healthshot pada Senin (30/10/2023), berikut ulasannya.


Manfaat kopi hitam

1. Bergizi tinggi

Kopi hitam secara alami kaya akan antioksidan, vitamin B2, vitamin B3, magnesium, potasium, dan natrium. Ini adalah minuman bebas kalori yang membantu menjaga berat badan yang sehat dan merangsang metabolisme.

2. Atasi penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan masalah otak yang merusak ingatan dan kemampuan berpikir, sehingga menyulitkan untuk melakukan tugas yang paling sederhana sekalipun. Minum kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease menemukan bahwa minum 2-3 cangkir kopi dapat membantu menurunkan risiko demensia dan Alzheimer hingga 65 persen. Sharma mengatakan minum dua cangkir dapat membantu mengurangi risiko seiring berjalannya waktu.

3. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi kopi hitam secara rutin juga dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan ada efek positif konsumsi kopi hitam terhadap penurunan berat badan.

Ahli menjelaskan bahwa mengandung asam klorogenat yang mendorong penurunan berat badan dan memperlambat produksi glukosa dalam tubuh, mengurangi pembentukan sel lemak baru sehingga penting untuk menurunkan berat badan. Selain itu, rendah kalori jika Anda tidak menambahkan gula ke dalamnya.

4. Meningkatkan Energi sebelum olahraga

Minum kopi hitam sebelum pergi ke gym dapat membantu meningkatkan efek latihan Anda. Bagaimana? Penelitian menunjukkan bagaimana minum kopi hitam sebelum berolahraga meningkatkan tingkat energi Anda.

Para ahli juga menunjukkan bahwa kopi hitam sebelum berolahraga membantu meningkatkan daya konsentrasi dan kinerja dengan mengurangi kelelahan. Ini juga meningkatkan kewaspadaan selama latihan jadi sebaiknya dikonsumsi sebelum latihan.

5. Baik untuk diabetes

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologia menemukan bahwa meningkatkan asupan kopi lebih dari satu cangkir dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Kopi hitam meningkatkan produksi insulin dalam tubuh yang membantu menurunkan risiko diabetes.

6. Meningkatkan kewaspadaan mental dan suasana hati

Penelitian telah menunjukkan bahwa secangkir kopi hitam membantu meningkatkan mood Anda dan membuat segalanya lebih baik. Para ahli mengatakan bahwa secangkir kopi hitam membantu meningkatkan mood Anda dan juga meningkatkan kewaspadaan mental. Jadi, lain kali Anda merasa tidak enak badan? Cobalah minum secangkir kopi hitam!


Efek samping kopi hitam

Minum lebih dari 2-3 cangkir kopi hitam sehari dapat memicu gangguan kesehatan. Hal ini dapat mengganggu siklus tidur dan menyebabkan gangguan tidur. Karena kaya akan kafein, mengonsumsi kopi hitam dapat meningkatkan risiko keasaman, sembelit dan gangguan tidur. Jadi, sebaiknya konsumsi 2-3 cangkir kopi hitam sehari.

Waktu terbaik minum kopi

Para ahli menganjurkan minum kopi hitam saat pagi atau siang hari. Anda juga bisa minum kopi hitam sesaat sebelum berolahraga. Namun, sebaiknya hindari minum kopi hitam pada malam hari sebelum tidur karena dapat berbahaya bagi tubuh.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)