5 Tanda Awal Stroke, Segera Atasi Sebelum Terlambat

Selasa, 31 Oktober 2023 - 05:32 WIB
loading...
5 Tanda Awal Stroke, Segera Atasi Sebelum Terlambat
Stroke merupakan keadaan darurat medis dan termasuk dalam silent killer. Foto Ilustrasi/Carrus Health
A A A
JAKARTA - Stroke merupakan keadaan darurat medis dan termasuk dalam silent killer. Kondisi ini terjadi ketika otak tidak mendapatkan darah atau oksigen yang dibutuhkannya. Tanpa darah dan oksigen, sel-sel otak mati hingga mengakibatkan kerusakan otak bahkan kematian.

Gejala awal stroke dapat menyerang siapa saja. Maka penting untuk mengedukasi diri demi menghindari kondisi tersebut, meskipun kadang penderitanya merasa tidak sadar telah mengalaminya.

Berikut merupakan tanda-tanda stroke yang perlu diketahui, dikutip dari laman Healthline, Selasa (31/10/2023).


1. Wajah Asimetris

Seseorang yang terkena stroke mungkin kehilangan rasa atau kelemahan pada salah satu sisi wajah ataupun tubuhnya. Perhatikan baik-baik apakah salah satu sisi wajah Anda terlihat murung atau tanda-tanda nyata lainnya, bahwa salah satu sisi wajah tidak cocok dengan sisi lainnya saat melakukan aktivitas seperti berbicara, mengunyah, atau tersenyum.

2. Tubuh Mati Rasa

Kelemahan ini bisa meluas ke bagian tubuh lain seperti wajah, kaki, serta tangan dan biasanya terjadi hanya pada satu sisi tubuh atau menyerang anggota tubuh tertentu.

Apabila secara tiba-tiba Anda mengalami mati rasa atau lumpuh, segera periksakan ke IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.

3. Sakit Kepala

Stroke dapat menyebabkan sakit kepala parah yang datang secara tiba-tiba. Rasa sakit kepala ini sampai menyentuh dahi atau pelipis (karena rasa sakit atau tekanan), menyipitkan mata (karena sensitivitas cahaya), juga mengerang (karena kesakitan).


4. Kebingungan

Selain sakit kepala, seseorang mungkin merasa bingung, di mana penderita kesulitan menemukan kata-kata saat berbicara. Mereka bahkan mungkin terlihat bingung saat seseorang berbicara dengannya.

5. Masalah Penglihatan

Stroke dapat menyebabkan sulitnya melihat dengan jelas pada salah satu atau kedua mata. Orang tersebut mungkin kesulitan mengambil benda di dekatnya, membaca tulisan di depannya, atau memiliki masalah dengan persepsi kedalaman.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2252 seconds (0.1#10.140)