Putren Jadi Makanan Pilihan Terbaik untuk Diabetes

Selasa, 31 Oktober 2023 - 19:09 WIB
loading...
Putren Jadi Makanan Pilihan Terbaik untuk Diabetes
Putren atau baby corn bukan hanya sekadar pelengkap masakan yang lezat dan renyah, juga menjadi makanan terbaik yang berdampak positif pada kesehatan. Foto/ healthshots.
A A A
JAKARTA – Putren atau disebut baby corn bukan hanya sekadar pelengkap masakan yang lezat dan renyah, juga menjadi makanan terbaik yang dapat berdampak positif pada kesehatan .

Meski ukurannya kecil, baby corn adalah pembangkit tenaga nutrisi , menawarkan banyak vitamin esensial, mineral dan khasiat yang meningkatkan kesehatan yang menjadikannya tambahan yang berharga untuk makanan Anda.

Putren juga mudah dimasukkan ke dalam makanan, bisa dinikmati dalam salad, digoreng dengan sayuran lain atau dimasukkan ke dalam berbagai masakan, seperti sup, semur dan kari.

Dilansir healthshots pada Senin (30/10/2023), berikut manfaat baby corn untuk kesehatan.


Manfaat baby corn

1. Kaya vitamin dan mineral

Putren merupakan sumber yang kaya akan vitamin dan mineral penting yang penting untuk menjaga kesehatan. Ini sangat kaya akan vitamin B seperti thiamin, riboflavin dan niacin.

Vitamin B ini memainkan peran penting dalam mendukung produksi energi, membantu berfungsinya sistem saraf dan meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, baby corn mengandung mineral penting seperti zat besi, magnesium, dan potasium, yang penting untuk menjaga kesehatan sel darah, mendukung kesehatan otot, dan mengatur fungsi jantung.

2. Rendah kalori, tinggi serat

Jika Anda memperhatikan asupan kalori dan pengelolaan berat badan, baby corn adalah pilihan yang sangat baik untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda. Dengan kandungan kalorinya yang rendah, baby corn memungkinkan Anda menambah volume pada masakan Anda tanpa mengurangi rasa atau nutrisinya.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada baby corn membantu pencernaan, melancarkan buang air besar secara teratur, dan memberikan rasa kenyang, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin mengontrol makan berlebihan dan mendukung upaya penurunan berat badan.

3. Sumber antioksidan yang kuat

Baby corn adalah pembangkit tenaga antioksidan, mengandung sejumlah besar beta-karoten dan vitamin C. Antioksidan ini memainkan peran penting dalam menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh, mengurangi stres oksidatif, dan peradangan.

Dengan demikian, baby corn membantu melindungi tubuh dari penyakit kronis seperti penyakit jantung dan jenis kanker tertentu. Selain itu, mengonsumsi baby corn dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, mendukung pertahanan tubuh Anda terhadap penyakit.


4. Mengatur gula darah

Bagi individu yang ingin menjaga kestabilan kadar gula darah, baby corn terbukti menjadi tambahan yang cocok untuk makanan mereka. Kaul menjelaskan, dengan indeks glikemik yang rendah, baby corn membantu mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah secara tiba-tiba. Kandungan seratnya semakin membantu memperlambat penyerapan gula, berkontribusi pada regulasi gula darah yang lebih baik. Hal ini menjadikan baby corn pilihan yang sangat baik bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko terkena kondisi tersebut.

5. Membuat mata sehat

Baby corn mengandung karotenoid esensial seperti lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata secara optimal. Senyawa ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia (AMD) dan katarak, dua kondisi mata umum yang dapat mengganggu penglihatan.

Dengan memasukkan baby corn ke dalam makanan Anda, Anda dapat memberi mata Anda nutrisi berharga yang mendukung ketajaman penglihatan dan melindungi dari penyakit yang berhubungan dengan mata.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Kombinasi potasium dan serat pada baby corn menjadikannya makanan yang ramah jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah dengan melawan efek natrium dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko hipertensi dan mendukung kesehatan jantung.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)