Wakil Duta Besar RI di Jepang Apresiasi Mouly Surya Raih Penghargaan di TIFF 2023

Rabu, 01 November 2023 - 19:35 WIB
loading...
A A A
Ia saat ini tengah menyelesaikan film terbarunya berjudul "Perang Kota" serta "Trigger Warning". Perang Kota diadaptasi dari novel Jalan Tak Ada Ujung karya Mochtar Lubis, sementara Trigger Warning adalah film laga-thriller produksi Netflix yang dibintangi Jessica Alba.

Penghargaan Akira Kurosawa 2023 diberikan pada dua sutradara, yakni Mouly Surya dan sutradara asal Tiongkok Gu Xiaogang. Kedua sutradara itu dipilih oleh komite yang beranggotakan sutradara Yamada Yoji, aktris Dan Fumi, casting director Narahashi Yoko, kritikus Kawamoto Saburo dan Direktur Program TIFF Ichiyama Shozo.

Akira Kurosawa Award merupakan penghargaan bergengsi yang hanya diberikan kepada pembuat film yang membuat prestasi terbaik di dunia film. Penghargaan tersebut diambil dari nama sutradara dan penulis skenario legendaris Jepang, Akira Kurosawa. Film-film besutan sutradara Kurosawa dikenal luas di dunia Barat dan pernah mendapat Academy Award pada 1989.

Penghargaan Akira Kurosawa sebelumnya pernah diberikan kepada tokoh-tokoh perfilman terkenal dari berbagai negara. Di antaranya adalah Steven Spielberg, Alejandro González Iñárritu, Yoji Yamada, Hou Hsiao-hsien dan Fukada Koji.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)