Ketahui Alasan Batuk Tidak Kunjung Sembuh Meski Telah Minum Obat

Kamis, 02 November 2023 - 01:00 WIB
loading...
Ketahui Alasan Batuk Tidak Kunjung Sembuh Meski Telah Minum Obat
Batuk berdahak atau batuk kering sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih batuk kronis yang tidak kunjung membaik hingga lebih dari satu bulan lamanya. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Batuk berdahak atau batuk kering sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih batuk kronis yang tidak kunjung membaik hingga lebih dari satu bulan lamanya.

Beberapa gejala yang menyertai batuk adalah pilek, hidung tersumbat, sesak nafas, sakit tenggorokan hingga demam yang membuat tubuh merasa tidak nyaman. Batuk yang tidak kunjung sembuh bahkan juga bisa menjadi gejala dari kondisi medis tertentu yang lebih serius.

Penyebab batuk kronis beragam. Misalnya paparan polusi udara berlebihan, memiliki kondisi medis seperti ISPA, asma hingga penyakit asam lambung.

Inilah mengapa, batuk tak kunjung sembuh tidak boleh dibiarkan dan harus segera mendapatkan penanganan. Terutama apabila disertai dengan gejala seperti sesak napas, sakit tenggorokan, suara serak, sakit kepala, hidung tersumbat, nyeri pada dada, demam, hingga batuk yang disertai dengan bercak darah.



Saat terserang batuk, banyak orang memilih mengonsumsi obat batuk yang dijual bebas di apotek ataupun meminum obat resep dari dokter. Namun, pernahkah setelah minum obat secara rutin tapi batuk tidak kunjung membaik?

Hal ini bisa saja terjadi karena efektivitas obat yang kurang atau terdapat faktor lain yang mengurangi efektivitas obat-obatan tersebut. Sehingga obat tidak bekerja dengan optimal.

Beberapa faktor yang mempengaruhi keefektivitasan sebuah obat, di antaranya adalah seperti faktor makanan, mengonsumsi obat lain secara bersamaan, obat yang lewat masa pakainya, minum alkohol, minum jus anggur dan lain sebagainya.

Batuk yang tidak kunjung sembuh juga dapat ditangani secara mandiri dengan cara perbanyak asupan cairan, batasi asupan makanan, membatasi asupan makanan yang menjadi pemicu batuk, tidak merokok dan menjalani terapi neti pot atau irigasi hidung.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2250 seconds (0.1#10.140)