8 Perubahan Payudara Saat Hamil

Minggu, 24 September 2017 - 00:19 WIB
8 Perubahan Payudara Saat Hamil
8 Perubahan Payudara Saat Hamil
A A A
JAKARTA - Wanita akan banyak mengalami perubahan saat hamil. Salah satunya adalah perubahan pada payudara saat anda tengah hamil. Mengutip Times of India, berikut 8 Perubahan payudara saat hamil:

1. Ukuran payudara akan lebih besar
Perubahan ini selalu diharapkan oleh wanita. Aliran darah ke payudara meningkat selama kehamilan untuk mempersiapkan saluran susu dan juga kelenjar susu. Mereka tumbuh dalam ukuran besar saat mereka mulai meningkat saat kelenjar susu akan muncul. Seorang ahli Ginekolog mengatakan bahwa payudara seorang wanita dapat meningkat hingga tiga kali lipat saat dia hamil dan empat kali saat dia sedang menyusui.

2. Payudara jadi lebih berat
Peningkatan ukuran dan retensi cairan di tubuh yang terjadi selama kehamilan membuat payudara semakin berat. Para ahli mengatakan bahwa seorang wanita bisa mendapatkan sampai satu kilogram hanya di payudaranya.

3. Puting lebih gelap
Puting dan areola tumbuh dalam ukuran dan menjadi lebih gelap. Perubahan puting dan areola terjadi karena adanya perubahan kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh. Perubahan hormonal ini membuat mereka mengubah pigmen selama trimester kedua. Ukuran yang meningkat dan pigmen yang lebih gelap adalah perubahan permanen yang akan tetap seperti itu bahkan setelah kehamilan dan menyusui.

4. Payudara jadi sensitif
Bagi banyak wanita, puting susu mereka menjadi sangat sensitif selama trimester pertama kehamilan. Sebenarnya, kelembutan payudara adalah salah satu tanda awal kehamilan.

5. Payudara rentan sakit nyeri
Arena payudara Anda menjadi berat sehingga terjadi pembengkakan dan retensi cairan. Dapat menyebabkan payudara Anda menjadi super sensitif tidak hanya di puting susu tapi seluruh payudara. Sensitivitas meningkat dan bisa terasa sakit.

6. Puting terasa gatal
Banyak wanita mengalami kekeringan pada puting susu selama trimester kehamilan. Kondisi ini dikenal dengan puting eksim. Selama fase ini, puting menjadi merah, gatal dan bersisik. Namun, kondisinya mudah disembuhkan dengan menggunakan petroleum jelly, cream, minyak atau steroid topikal. Jika Anda tidak yakin apa yang harus digunakan dan memiliki jenis kulit sensitif, berkonsultasilah dengan dokter spesialis.

7. Payudara mendapatkan stretchmark
Seperti ukuran payudara Anda yang bertambah besar, kulit Anda membentang dan mungkin mengalami stretch mark. Tanda itu bisa disertai dengan kulit payudara Anda menjadi kering dan gatal. Hal ini biasanya bisa ditenangkan dengan mengoleskan pelembab.

8. Payudara menjadi turun
Selama kehamilan, biasanya payudara Anda menjadi turun Namun, biasanya mereka menghilang setelah sekitar satu bulan menyusui.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6128 seconds (0.1#10.140)