5 Fungsi Protein untuk Diet, Bantu Cepat Kenyang hingga Bakar Banyak Kalori

Sabtu, 04 November 2023 - 14:49 WIB
loading...
5 Fungsi Protein untuk Diet, Bantu Cepat Kenyang hingga Bakar Banyak Kalori
Protein dapat membantu mengurangi asupan makanan sehingga membuat lebih cepat kenyang. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Protein lebih dikenal sebagai nutrisi untuk meningkatkan massa otot. Ternyata nutrisi ini juga bagus untuk sarana diet atau mengurangi berat badan.

Diet protein kini tengah populer dalam dunia kesehatan. Caranya dengan mengonsumsi lebih banyak protein untuk menekan konsumsi karbohidrat dan lemak.

Pada dasarnya, protein merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh. Protein dapat mempromosikan perbaikan jaringan, menjaga integritas usus, penghancuran patogen, dan pembuangan toksin.

Tak heran jika diet protein dapat menjadi salah satu sarana untuk menunjang kesehatan tubuh. Beberapa sumber protein yang baik di antaranya daging, unggas, ikan, telur, produk susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.



Berikut ini beberapa fungsi protein yang berkaitan dengan proses penurunan berat badan atau diet.

Fungsi Protein untuk Diet


1. Merasa Cepat Kenyang


Protein merupakan nutrisi yang dapat merangsang pelepasan hormon CCK dari usus kecil. CCK memiliki peran penting dalam membantu mengurangi asupan makanan dengan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang.

Asupan protein yang mencukupi juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap leptin, yang berarti otak akan lebih merespons sinyal kenyang yang diberikan oleh leptin.

2. Mengurangi Nafsu Makan


Protein dapat meningkatkan pelepasan hormon GLP-1 dari usus. GLP-1 berperan dalam mengatur kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)