5 Fungsi Protein untuk Diet, Bantu Cepat Kenyang hingga Bakar Banyak Kalori

Sabtu, 04 November 2023 - 14:49 WIB
loading...
A A A
Selain itu, nutrisi ini juga dapat membantu mengurangi kadar ghrelin dalam darah, yang pada gilirannya dapat mengurangi nafsu makan.

3. Sebagai Sumber Energi


Protein juga berfungsi sebagai sumber energi menggantikan karbohidrat dan lemak. Meski begitu, fungsi utama protein bukanlah untuk menjadi sumber energi tubuh. Dalam diet protein tetap harus mengonsumsi nutrisi lain sebagai penyeimbang.

4. Mampu Mengelola Berat Badan


Menurut jurnal yang diterbitkan National Library of Medicine, konsumsi makanan berprotein tinggi dengan kandungan 25%–30% dapat menghasilkan perbaikan yang signifikan dalam pengelolaan berat badan. Ini akan berdampak pada pengurangan asupan energi, penurunan berat badan, dan perubahan bermanfaat dalam komposisi tubuh.

5. Mampu Membakar Banyak Kalori


Protein memiliki efek termogenik yang dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak. Efek termogenik dari makanan (TEF) adalah jumlah energi yang digunakan oleh tubuh untuk mencerna, menyerap, dan memproses nutrien dari makanan.

Dengan kata lain, ketika seseorang mengonsumsi protein, sebagian dari kalori yang dikonsumsi akan digunakan oleh tubuh untuk mencerna dan memetabolisme protein tersebut.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)