4 Makanan yang Bantu Perlancar Buang Air Besar, Bukan Cuma Buah

Minggu, 05 November 2023 - 12:55 WIB
loading...
4 Makanan yang Bantu Perlancar Buang Air Besar, Bukan Cuma Buah
Mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi serat merupakan pengobatan yang aman, alami, dan efektif untuk sembelit. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Sembelit bisa menjadi hal yang menyakitkan dan dapat terjadi pada siapa saja.

Dikutip dari laman Healthline, Minggu (5/11/2023), disebutkan bahwa 16 dari 100 orang dewasa di Amerika Serikat mengalami sembelit. Di antara orang-orang yang berusia 60 tahun ke atas, jumlahnya meningkat dua kali lipat.

Obat umum yang dijual bebas dan diresepkan berupa obat pencahar, pelunak tinja, dan suplemen serat. Namun, mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi serat mungkin merupakan pengobatan yang aman, alami, dan efektif.

Berikut beberapa makanan yang dapat membantu Anda melancarkan proses buang air besar.


1. Apel

Apel adalah sumber serat yang bagus. Satu buah apel berukuran sedang dengan kulitnya mengandung 2,1 gram serat. Apel juga mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut pektin, yang dikenal karena efek pencaharnya.

2. Kiwi

Makanan selanjutnya adalah kiwi. Buah ini sangat baik untuk ditambahkan ke smoothie atau mangkuk sarapan Anda untuk camilan lezat dan berserat tinggi.

Satu kiwi hijau berukuran sedang mentah mengandung 2 gram serat. Kiwi memiliki sifat hidrasi yang baik seperti retensi air dan viskositas, yang dapat merangsang pergerakan di saluran pencernaan Anda serta meningkatkan jumlah tinja.

3. Pir

Pir merupakan buah yang mudah ditambahkan ke dalam makanan. Anda bisa memakannya secara langsung atau menambahkannya ke salad, smoothie, dan sandwich.

Buah pir mungkin membantu meringankan sembelit dalam beberapa cara. Buah pir tinggi serat, di mana satu buah pir berukuran sedang mengandung 5,5 gram serat. Pir juga kaya akan sorbitol dan fruktosa, sejenis gula yang diserap perlahan dalam jumlah terbatas karena sejumlah besar dimetabolisme oleh hati.

Seperti sorbitol, fruktosa yang tidak diserap dapat mengencerkan tinja dengan membawa air ke dalam usus. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengukur dampaknya secara penuh.

4. Kacang

Kebanyakan jenis kacang-kacangan mengandung serat larut dan tidak larut dalam jumlah yang baik, yang dapat meredakan sembelit dengan berbagai cara dan membantu menjaga keteraturan.

Anda dapat menambahkan kacang ke dalam sup, saus, atau lauk pauk untuk mendapatkan takaran serat yang lezat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)