Pria Belgia Meninggal Dunia Akibat Sindrom Nasi Goreng, Apa Itu?

Senin, 06 November 2023 - 12:55 WIB
loading...
Pria Belgia Meninggal Dunia Akibat Sindrom Nasi Goreng, Apa Itu?
Viral di media sosial video yang menyebutkan bahwa seorang pria asal Belgia meninggal dunia akibat sindrom nasi goreng. Diketahui pria ini seorang mahasiswa. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Viral di media sosial video yang menyebutkan bahwa seorang pria asal Belgia meninggal dunia akibat sindrom nasi goreng . Diketahui pria berusia 20 tahun ini merupakan seorang mahasiswa.

Dilansir dari New York Post, Senin (6/11/2023) sindrom nasi goreng merupakan kondisi yang timbul akibat seseorang mengonsumsi makanan yang sudah dimasak, dan disimpan di suhu ruangan cukup lama. Hal ini menyebabkan keracunan dan meninggal dunia.

Dokter menyebutkan bahwa pria ini meninggal akibat bakteri bacillus cereus, yaitu bakteri berisiko muncul di dalam makanan. Khususnya, pada makanan yang sudah dimasak dan berada di suhu ruangan sehingga menyebabkan meninggal dunia.



Awalnya, pria itu memasak spaghetti dengan meletakkannya di wadah plastik seperti kotak bekal. Dia berniat untuk menyimpannya beberapa hari ke depan, sehingga ketika ingin memakannya tinggal menambahkan beberapa saus dan memanaskannya kembali.

Makanan tersebut dibiarkan di suhu ruangan hingga lima hari kemudian dipanaskan. Pria itu merasa kalau makanan tersebut memiliki rasa yang berbeda. Hanya saja dia mengira hal tersebut karena saus yang digunakan.

Setelah megonsumsi makanan itu, dia melanjutkan kegiatan lainnya berupa olahraga selama 30 menit, dan muncul gejala. Saat di rumah, pria itu merasakan mual, sakit perut, dan sakit kepala, sehingga muntah-muntah selama beberapa jam. Pria itu kembali muntah saat tengah malam dan disertai diare.



Pria itu tidak mengonsumsi obat apapun, hanya minum air putih dan beristirahat dengan harapan keadaannya bisa lebih baik. Keesokan harinya, sekitar pukul 11.00, pria itu ditemukan orang tuanya telah meninggal dunia.

Tim medis pun memperkirakan pria tersebut meninggal dunia sekitar 10 jam setelah mengonsumsi spaghetti. Sementara itu, hasil autopsi yang keluar lima hari kemduian menunjukkan pria itu mengalami nekrosis hati sentrililobular sedang.

Kondisi ini mengakibatkan hatinyatidak bekerja. Di sisi lain, saus dan sisa spaghetti yang dikonsumsi pria itu dikirim ke Laboratorium Referensi Nasional untuk wabah food-borne sebagai evaluasi, yang mana hasilnya sebagian besar bakteri yang ditemukan adalah bacillus cereus yang bisa menyebabkan infeksi.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)